Begini Strategi Pemerintah Thailand Gaet Turis China

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Begini Strategi Pemerintah Thailand Gaet Turis China

Begini Strategi Pemerintah Thailand Gaet Turis China

KEPONEWS.COM - Begini Strategi Pemerintah Thailand Gaet Turis China Sebanyak 8,8 juta turis China berkunjung ke Thailand sepanjang tahun 2016.Jumlah tersebut menjadikan China sebagai negara penyumbang turis terbanyak bagi industri pariwisata Thailand.Lalu bagaimana ta...

Sebanyak 8,8 juta turis China berkunjung ke Thailand sepanjang tahun 2016.

Jumlah tersebut menjadikan China sebagai negara penyumbang turis terbanyak bagi industri pariwisata Thailand.

Lalu bagaimana taktik pemerintah Thailand dalam menggarap pasar wisatawan asal China?

Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Kobkarn Wattanavrangkul mengatakan wisata olahraga (sport tourism) dan wisata kesehatan jadi taktik utama untuk mendatangkan wisatawan asal Negeri Tirai Bambu itu.

"Untuk pasar China, kami tak hanya pergi ke kota-kota utama. Kami adakan roadshow di kota-kota kedua. Jadi promosi ke kota-kota baru di China agar mereka tahu destinasi wisata di Thailand," kata Kobkarn kepada KompasTravel di sela-sela acara Asean Tourism Forum (ATF) 2017 di Singapura, Kamis (19/1/2017).

Dengan perkenalan terhadap wisata olahraga dan kesehatan, lanjut Kobkarn, wisatawan China bisa menemukan segala aktivitas yang diinginkan di Thailand.

"Dalam usaha ini kami menunjukkan Thailand Marathon, Run For Your Dream Amazing Thailand, juga Chiang Mai Marathon. Saya yakin 2.000 turis China ikut dalam kegiatan tahun lalu. Mereka datang bersama asosiasinya," terang dia.

Menurut Kobkarn, wisata olahraga ialah contoh produk paket wisata yang tak biasa.

Ia mengatakan hal itu merupakan usaha pemerintah Thailand untuk menyebarkan pengeluaran uang turis China di kegiatan wisata baru dan di kota-kota lain selain Bangkok.

"Ada juga mereka (turis China) yang datang untuk kelas muay thai boxing. Mereka datang untuk melatih otot sekitar 2-3 minggu dan kembali dengan senang," ujar Kobkarn.

Sepanjang 2016, Thailand dikunjungi 32,58 juta wisatawan mancanegara (wisman). Peringkat pertama kunjungan wisatawan mancanegara ke Thailand ditempati oleh China, kemudian Malaysia, Korea, Jepang, dan Laos.

Begini Strategi Pemerintah Thailand Gaet Turis China

Comments