Begini Caranya Membersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Begini Caranya Membersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir

Begini Caranya Membersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir

KEPONEWS.COM - Begini Caranya Membersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir Laporan Wartawan Tribunnews, Nurmulia Rekso Purnomo JAKARTA - Bagi anda yang baru saja dilanda banjir, anda tidak boleh bermalas-malasan. Sejumlah hal harus dilakukan, untuk mengantisipasi dampak lebi...

Laporan Wartawan Tribunnews, Nurmulia Rekso Purnomo

JAKARTA - Bagi anda yang baru saja dilanda banjir, anda tidak boleh bermalas-malasan. Sejumlah hal harus dilakukan, untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut dari bencana tersebut.

Humas Unit Transfusi Darah Pusat Palang Merah Indonesia (PMI), dr.Putri Srihartaty, menyarangkan sejumlah hal yang harus dilakukan, untuk mengantisipasi gangguan kesehatan, serta potensi kerusakan barang-barang anda lebih lanjut, yakni:

1. Matikan Arus Listrik
Mematikan arus listrik ketika akan membersihkan rumah pasca banjir ialah hal yang harus dilakukan pertama kalinya. Alasannya karena ditakutkan adanya arus listrik yang mengalir lewat genangan air yang masih berada di beberapa bagian rumah, dan hal itu berbahaya.

2. Gunakan Air Bersih atau Desinfektan
Saat banjir memenuhi rumah biasanya diikuti lumpur yang terbawa genangan air. Oleh karenanya, Anda membutuhkan waktu membersihkannya dengan air bersih. Air bersih bisa memudahkan Anda dalam membersihkan lumpur yang membandel, atau jikalau diharapkan, air itu dicampur desinfektan.

3. Kelompokkan Barang-barang
Selesai membersihkan lumpur dan air tergenang, saatnya mengelompokkan barang-barang di rumah Anda. Perhatikan kondisi barang-barang yang ada di setiap sudut rumah. Apakah terkena rendaman banjir atau hanya sebagian saja

Kalau terkena imbas rendaman banjir, sebaiknya Anda segera membersihkan dan memperbaikinya. Apalagi untuk bahan-bahan yang berbahan kayu yang dapat lapuk dan berjamur karena banjir. Untuk baju dan perlengkapan makan, segeralah dicuci bersih dengan sabun anti kuman.

Untuk buku-buku koleksi, bila belum begitu rusak, segera jemur atau diangin-anginkan. Kalau bentuknya sudah rusak, Anda harus segera membuangnya.

4. Perhatikan Barang Lembab
Memang tak semua barang-barang terkena rendaman air saat banjir, tapi dapat dipastikan bahwa barang-barang Anda dalam kondisi lembab. Apalagi barang-barang yang berbahan kain seperti pakaian, handuk, dan selimut paling mudah untuk terkontaminasi bakteri.

Bila demikian, cucilah pakaian dengan air panas kemudian jemur hingga kering. Bila Anda memiliki karpet yang juga lembab, cucilah dengan menggunakan larutan desinfektan sebanyak dua sendok makan. Kemudian keringkan karpet dengan cara menggantungkannya dan terkena sinar matahari langsung

5. Perhatikan Dinding
Dinding yang ada di rumah tidak boleh luput dari perhatian Anda, ya. Bersihkan segera dinding dari lumpur yang menempel dengan sikat dan cairan desinfektan. Jikalau beberapa bagian dinding rusak hingga catnya mengelupas, Anda bisa melakukan pengecetan ulang.

6. Perbaiki Perangkat Elektronik
Selain interior rumah, biasanya perangkat elektronik Anda pun juga terkena dampak dari genangan banjir ini.

Jangan menyambungkan perangkat elektronik yang sudah terkena air ke listrik karena dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat elektronik. Lebih baik Anda membawa perangkat elektronik yang rusak ke tempat servis terpercaya untuk diperbaiki sesegera mungkin.

Begini Caranya Membersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir

Comments