Begini Cara Siasati Anak yang Doyan Makan Junk Food

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Begini Cara Siasati Anak yang Doyan Makan Junk Food

Begini Cara Siasati Anak yang Doyan Makan Junk Food

KEPONEWS.COM - Begini Cara Siasati Anak yang Doyan Makan Junk Food SEMUA anak pada dasarnya suka junk food. Karena mudah dicari, makanan tersebut memang tak bisa dihindari. Apalagi saat pergi main ke luar rumah, seperti sengaja datang ke restoran cepat saji atau bebe...

SEMUA anak pada dasarnya suka junk food. Karena mudah dicari, makanan tersebut memang tak bisa dihindari.

Apalagi saat pergi main ke luar rumah, seperti sengaja datang ke restoran cepat saji atau beberapa pusat perbelanjaan. Karena malas membawa bekal, orangtua akhirnya memilih untuk membelikan anaknya menu cepat saji.

Jangan beri makanan ini kepada si kecil hampir setiap hari. Sekalipun anak bosan makan, seharusnya bisa menghidangkan kombinasi menu yang menarik dimakan anak-anak.

10 Hoaks yang Sering Beredar di Masyarakat Perihal Penyebaran HIV/AIDS

Karena efek makanan ini tidak untuk kesehatan. Junk food termasuk golongan makanan yang harus dibatasi jumlah konsumsinya.

Ahli Nutrisi Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes mengatakan, mengontrol porsi makan anak sangat penting dilakukan. Begitu juga dengan memilih makanannya yang bergizi.

"Kalau junk food sebenarnya makanan itu padu-padannya kurang cocok. Jenis nutrisinya kurang tersaji dengan baik, karena junk food biasanya hanya ada menu nasi dan ayam goreng atau burger dan kentang goreng," ujarnya di sela acara Media Gathering Dancow Inspiring Mom di daerah Prapanca, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018).

Dia memaparkan, hampir semua menu sajian junk food mengandung radikal bebas yang tinggi. Di samping itu, proses masaknya dengan memakai minyak yang mengandung lemak trans. Belum lagi rasanya yang bikin ketagihan, karena mengandung tinggi natrium.

"Saat makanan digoreng dalam suhu panas pasti akan ada sisa radikal bebas. Ini yang tidak baik untuk kesehatan," bebernya.

Nah, kenapa anak ketagihan junk food? Dr Rita memaparkan, saat makanan dengan proses digoreng, lalu terkena lidah (dimakan-red) akan mengeluarkan zat tertentu yang bikin nagih. Tak ayal bila anak-anak juga orang dewasa menyukai makanan ini.

Tentara Wanita dari Rusia Ini Sangat Cantik, Ternyata Dia Merupakan....

Siasat dalam pembatasan makanan ini ialah, saran Dr Rita, orangtua jangan malas membawa bekal makanan untuk si kecil saat bepergian. Meskipun ingin memberikan anak makan di restoran cepat saji, bawalah buah atau sayuran kukus untuk pelengkap nutrisi.

"Makan junk food boleh, asal jangan setiap hari. Tapi kombinasikan dengan makanan tambahan untuk melengkapi nutrisi anak," tutupnya.

(dno)

Comments