Begini Cara Kerja Vaksin Bikin Tubuh Kebal dari Penyakit

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Begini Cara Kerja Vaksin Bikin Tubuh Kebal dari Penyakit

Begini Cara Kerja Vaksin Bikin Tubuh Kebal dari Penyakit

KEPONEWS.COM - Begini Cara Kerja Vaksin Bikin Tubuh Kebal dari Penyakit Hadirnya vaksin Covid-19 merupakan hal yang dinanti di tengah pandemi ini. Namun salah satu kekhawatiran yang ditakutkan ialah terciptanya kelompok penolak vaksin. Padahal, pemberian vaksin Covid-19...

Hadirnya vaksin Covid-19 merupakan hal yang dinanti di tengah pandemi ini. Namun salah satu kekhawatiran yang ditakutkan ialah terciptanya kelompok penolak vaksin.

Padahal, pemberian vaksin Covid-19 diyakini bisa menyelesaian masalah pandemi yang sudah berlangsung 10 bulan ini. Dengan vaksinasi masal juga diharapkan kehidupan akan berlangsung normal kembali.

vaksin

Jikalau Kamu masih ragu untuk mencoba vaksin, Okezone coba memberikan pejelasan soal bagaimana sebetulnya cara kerja vaksin yang akan membuat tubuh Kamu kebal dari penyakit, termasuk Covid-19.

Menurut laporan Immunology, sistem kekebalan merupakan jaringan sel, organ tisu, dan organ yang bekerja sama untuk membantu melawan infeksi dari bakteri atau virus berbahaya. Ketika 'agen' penyebab penyakit seperti virus dan bakteri menyerang tubuh, sistem kekebalan Kamu mengenalinya sebagai sesuatu yang berbahaya dan akan memicu respons untuk menghancurkannya.

Nah, salah satu cara sistem kekebalan melawan infeksi ialah dengan membuat protein besar yang dikenal dengan antibodi. Antibodi ini bertindak sebagai pengintai, memburu agen infeksi, dan menandainya untuk kemudian dihancurkan sistem kekebalannya.

Menjadi catatan, setiap antibodi itu spesifik untuk bakteri atau virus yang telah dideteksi dan akan memicu respons imun tertentu. Antibodi spesifik ini akan tetap berada dalam sistem kekebalan setelah infeksi hilang.

Itu berarti, jikalau penyakit yang sama ditemui lagi, sistem kekebalan Kamu mempunyai 'ingatan' akan penyakit tersebut dan siap untuk segera menghancurkannya sebelum Kamu jatuh sakit atau muncul gejala.

Sayangnya, sistem kekebalan tidak selalu memenangkan pertempuran awal ini dalam melawan bakteri atau virus berbahaya dan Kamu bisa menjadi sangat sakit bahkan meninggal dunia. Dengan adanya 'celah' ini, diharapkan yang namanya vaksinasi untuk memperkuat perlawanan.

Fenomena Bulan Purnama Biru Langka Akan Terjadi Malam Ini

Vaksinasi sendiri merupakan cara teraman dan paling umum untuk mendapatkan kekebalan terhadap bakteri atau virus yang belum pernah ditemui tubuh Kamu. Vaksin mengandung bakteri atau virus yang tak berbahaya dari sumber penyakit.

Comments