Begini Cara Bima Sakti Jaga Performa Timnas Indonesia U-16 Tetap Oke

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Begini Cara Bima Sakti Jaga Performa Timnas Indonesia U-16 Tetap Oke

Begini Cara Bima Sakti Jaga Performa Timnas Indonesia U-16 Tetap Oke

KEPONEWS.COM - Begini Cara Bima Sakti Jaga Performa Timnas Indonesia U-16 Tetap Oke Timnas Indonesia U-16 bersiap menghadapi fase penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 Senin (16/9/2019) besok. Di laga perdana anak asuhan Bima Sakti akan menghadapi Filipina yang baru saja...

Timnas Indonesia U-16 bersiap menghadapi fase penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 Senin (16/9/2019) besok. Di laga perdana anak asuhan Bima Sakti akan menghadapi Filipina yang baru saja pesta gol saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara.

Skuat Garuda Asia dijagokan menang jelang menghadapi Filipina di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno.

Selain lantaran faktor tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 juga pernah sukses melumat Filipina di ajang Piala AFF U-16 lalu hingga bisa meraih peringkat ketiga usai menang adu penalti saat menghadapi Vietnam.

Tak hanya itu, skuat asuhan Bima Sakti juga dinilai tengah dalam perkembangan positif, apalagi mereka baru saja bisa menahan imbang 1-1 tim raksasa Asia adalah Korea Selatan di ajang turnamen invitasi bertajuk Boys Elite Football 2019 di Myanmar beberapa waktu lalu.

 Para pemain tim nasional U-15 Indonesia merayakan gol ke gawang Vietnam di laga Grup A Piala AFF U-15 2019 di Thailand, Sabtu (27/7). Laga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia. (ANTARA/HO/PSSI)Para pemain tim nasional U-15 Indonesia merayakan gol ke gawang Vietnam di laga Grup A Piala AFF U-15 2019 di Thailand, Sabtu (27/7). Laga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia. (ANTARA/HO/PSSI)

Perkembangan signifikan dari Timnas Indonesia U-16 ini tentu tak bisa dilepaskan dari sentuhan Bima Sakti. Hal ini seperti yang dibeberkan Asisten Komunikasi Bima Sakti di AFF U-16, Gerry Maulana Thiar.

Seperti dilansir dari podcast Umpan Tarik, Gerry mengungkapkan bahwa Bima Sakti punya sejumlah resep untuk menjaga performa anak asuhnya.

Ia menyebut bila Bima Sakti sangat membatasi anak asuhnya bersentuhan dengan sosial media.

"Jadi Coach Bima itu sangat disiplin. Untuk menjaga konsentrasi pemain ia sangat membatasi akses ke sosial media. Bahkan Coach Bima meminta anak asuhnya untuk mematikan kolom komentar di jejaring sosial medianya," bebernya.

Sementara untuk lebih memotivasi semangat para pemain, Gerry menyebut Bima Sakti sampai menghadirkan sosok orang tua pemain ke ruang loker.

"Ya, jadi Coach Bima itu waktu di Thailand kemarin pas AFF, itu punya cara unik untuk memotivasi pemain. Jadi sebelum laga di ruang ganti pemain itu dia memajang foto-foto orang tua pemain. Nah sebelum laga ia memberi kesempatan pada pemain untuk menatap foto orang tuanya selama kurang lebih semenit. Suasana waktu itu tuh bener-bener sakral, hening banget, bener-bener menyentuh," terangnya.

Pelatih timnas Indonesia U-15 Bima Sakti (kedua dari kanan) memimpin latihan skuatnya di Lapangan Latihan PTT di Chonburi, Thailand, Jumat (26/7). Mereka akan menghadapi Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF U-15, Sabtu (27/7). (dok Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia/PSSI)Pelatih timnas Indonesia U-15 Bima Sakti (kedua dari kanan) memimpin latihan skuatnya di Lapangan Latihan PTT di Chonburi, Thailand, Jumat (26/7). Mereka akan menghadapi Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF U-15, Sabtu (27/7). (dok Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia/PSSI)

Disamping itu, Coach Bima menurutnya sangat menjaga sekali kebersamaan pemain. Bersama asisten pelatih Coach Firmansyah, Bima Sakti selalu menganjurkan pemain untuk bersama-sama dalam melakukan kegiatan termasuk ibadah.

"Jadi semua pemain yang beragama Islam diwajibkan shalat berjamaah, apapun kondisinya," lanjutnya.

"Pernah ya waktu itu di AFF saat itu ada waktu Jumatan kami nyaris telat datang sebelum kick off. Tapi Coach Bima tetap minta para pemain tenang dan menyelesaikan ibadah dengan baik. Ia pesan saat itu yang penting ga kehilangan Tuhan urusan duniawi nomor sekian," kata Gerry menirukan ucapan Bima Sakti.

Comments