Beda Komponen dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios Terhindar dari Recall

Otomotif

News / Otomotif

Beda Komponen dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios Terhindar dari Recall

Beda Komponen dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios Terhindar dari Recall

KEPONEWS.COM - Beda Komponen dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios Terhindar dari Recall JAKARTA - Isu penarikan 60 ribu unit Toyota Rush karena masalah pada perangkat airbag, berdampak timbulnya pertanyaan nasib produk satu pabrikannya Daihatsu Terios. Namun, Direktur Marketing PT Astra...

JAKARTA - Isu penarikan 60 ribu unit Toyota Rush karena masalah pada perangkat airbag, berdampak timbulnya pertanyaan nasib produk satu pabrikannya Daihatsu Terios. Namun, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, menegaskan tidak ada rencana menarik produk SUV Daihatsu itu.

Amelia memberikan hal tersebut ketika dihubungi oleh Okezone Otomotif pada Selasa (16/7/2019). "Tidak ada recall untuk Terios," ucapnya secara singkat terkait isu ini. Jawaban tersebut meredakan kecemasan terkait potensi adanya masalah komponen serupa pada Daihatsu Terios.

Daihatsu Terios sendiri mempunyai perbedaan mendasar pada komponen airbag dibandingkan dengan Toyota Rush meski memakai platform produksi serupa. Termasuk pada komponen airbag dalam bagian pilar jendela. "Terios tidak mempunyai curtain airbag," ujar Amelia memaparkan.

Fasilitas keamanan pengendara di Daihatsu Terios tersebut diketahui hanya berada pada bagian depan. Hal itu jelas berbeda dengan Toyota Rush yang turut menempatkan fasilitas airbag pada sisi samping kendaraan. Sementara, kerusakan airbag pada Toyota Rush disebabkan kegagalan pengaturan pengembangan komponen itu.

Toyota Astra Motor (TAM) menunjukkan penggantian kepada konsumen pengguna Rush produksi 2017 hingga 2019. Mereka menyebut fokus perbaikan terletak pada ECU airbag yang mungkin gagal mengembangkan airbag pada pilar A dan C. Konsumen bisa mengantarkan kendaraan mereka ke diler terdekat dan tidak dikenakan biaya atas perbaikan itu.

(muf)

Comments