Beda Jagoan Itu Biasa, Makanya Lakuin 7 Hal Ini Biar Persahabatan Gak Rusak Gara-gara Pilkada

Trending

Fun / Trending

Beda Jagoan Itu Biasa, Makanya Lakuin 7 Hal Ini Biar Persahabatan Gak Rusak Gara-gara Pilkada

Beda Jagoan Itu Biasa, Makanya Lakuin 7 Hal Ini Biar Persahabatan Gak Rusak Gara-gara Pilkada

KEPONEWS.COM - Beda Jagoan Itu Biasa, Makanya Lakuin 7 Hal Ini Biar Persahabatan Gak Rusak Gara-gara Pilkada Namanya juga kompetisi, wajar aja kalo kamu punya jagoan masing-masing, apalagi ini lagi musim Pilkada. Cuma masalahnya kadang saking semangatnya ngurusin cagub jagoan kamu, kamu jadi lupa apa arti te...

Namanya juga kompetisi, wajar aja kalo kamu punya jagoan masing-masing, apalagi ini lagi musim Pilkada. Cuma masalahnya kadang saking semangatnya ngurusin cagub jagoan kamu, kamu jadi lupa apa arti temen, karena menurut kamu temen itu yang bela jagoan yang sama kayak kamu, selain itu merupakan musuh.

Nah biar gak sampe berantem, coba deh lakuin ini.

1. Jangan posting meme-meme provokatif

Banyak banget meme-meme beredar, emang sih lucu-lucu, tapi banyak juga yang nyindir atau ngejelek-jelekin cagub lain. Makanya demi kedamaian kita semua, mendingan kamu gak usah ikutan nyebar meme-meme provokatif, jadiin konsumsi pribadi aja. Soalnya takut ada temen kamu yang tersinggung.

2. Jangan keritik orangnya, tapi keritik Programnya

Kalo pengen banget ngeritik salah satu paslon, ya gapapa juga. Cuma inget, agak cerdas dikitlah, keritik programnya atau gagasannya, jangan orangnya. Soalnya kalo kamu kritik orangnya depan temen kamu, nanti temen kamu nangkepnya, ada aroma kebencian dari kritikan kamu. Awas berantem.

3. Jangan gampang kepancing sama postingan temen yang hoax

Gak semua orang itu secerdas kamu, banyak juga yang nyebar-nyebar fitnah di media umum. Plis banget jangan kepancing, nanti kamu kesel sendiri akhirnya rugi sendiri. Apalagi sampe kamu debatin sama temen kamu yang mosting konten itu.

4. Alihkan pembicaraan kalo diskusi politik udah mulai panas

Ngobrolin politik ketika Pilkada gini emang seru, tapi sebisa mungkin tahan emosi. Kalo suasana nongkrong udah gak kondusif, mendingan kamu jangan langsung panas, kamu alihin pembicaraan, misalnya langsung bahas cewek-cewek seksi di kampus.

5. Coba empati sama pendukung cagub lain

Tanpa kamu sadar, sebenernya temen kamu yang dukung calon lain itu sama aja kayak kamu. Mereka merasa jagoan mereka gak ada kurangnya, dan jagoan lain banyak kurangnya. Jadi kalo kamu berusaha ajak dia buat pindah jagoan, sama aja kayak kamu, kamu mau gak pindah jagoan?

6. Inget! Persahabatan gak sependek Pilkada

Heboh pilkada gak bakal sampe puluhan taun, belasan taun juga gak sampe, paling beberapa bulan lagi juga udah kelar. Jadi jangan sampe euforia Pilkada yang cuma sementara ini jadi ngerusak hubungan pertemanan kamu yang udah kamu bina dari jaman Soekarno. Wah kamu tua juga ya.

7. Oh iya, cek dulu, KTP kamu domisili mana?

Penting nih, jangan sampe kamu udah berantem, ngerasa bener, dan maksa temen kamu supaya sepaham sama kamu, eh kamu ternyata bukan berdomisili di tempat cagub jagoan kamu bertarung. Ya gapapa sih kalo pengen belain, tapi kan kamu gak milih, jadi jangan ngotot-ngotot amat belainnya. Malu sama yang bisa milih tapi gak emosian kayak kamu.

Kamu pernah berantem sama temen kamu gara-gara Pilkada atau pemilihan pemimpin lainnya? Kalo pernah share ya biar kita semua tetep rukun. Ngomong-ngomong kamu belain siapa sih?

Comments