Beberapa Hal Baru dan Penting dalam Pertemuan Kepala Negara Jepang dan Indonesia

Internasional

News / Internasional

Beberapa Hal Baru dan Penting dalam Pertemuan Kepala Negara Jepang dan Indonesia

Beberapa Hal Baru dan Penting dalam Pertemuan Kepala Negara Jepang dan Indonesia

KEPONEWS.COM - Beberapa Hal Baru dan Penting dalam Pertemuan Kepala Negara Jepang dan Indonesia Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang TOKYO - Pertemuan dua kepala negara antara Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Yoshihide Suga memunculkan beberapa hal baru dan penting untuk...

Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang

TOKYO - Pertemuan dua kepala negara antara Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Yoshihide Suga memunculkan beberapa hal baru dan penting untuk kerjasama kedua negara dan dunia.

"Pihak Jepang memang sudah semenjak beberapa bulan lalu merencanakan agar masyarakat dunia bukan hanya di negara maju tetapi juga di negara berkembang juga dapat memperoleh nantinya vaksin Corona secara merata. Itulah sebabnya kita ingin membentuk dana Covid-19 bersama untuk kepentingan semua orang," papar sumber Tribunnews.com Rabu ini (21/10/2020).

Presiden Jokowi kemarin mengumumkan menghargai dan komitmennya untuk berkontribusi ke dalam Asean Covid-19 Response Fund yang akan dimotori oleh Jepang dan Asean nantinya.

"Kita juga menghargai komitmen kontribusi akan pembentuan Asean covid-19 Response Fund yang diusulkan Jepang," papar Presiden Jokowi kemarin.

Selain itu Presiden Jokowi juga meminta Jepang yang juga sepakat menyokong atas pembentukan Asean Center for Public Health Emergency and Emerging Disease (ACPHEED).

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, (20/10/2020).Presiden Joko Widodo berbincang dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, (20/10/2020). (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Dalam menghadapi pandemi di masa depan kita juga mengajak Jepang melakukan tata kelola di daerah dalam pembentukan ACPHEED," tambah Presiden Jokowi.

Empat Makna Politis Kunjungan PM Jepang ke Indonesia di Tengah Ketegangan AS dan China

Pertemuan juga akan mengatur Travel corridor yang esensial bagi usaha dalam 1 bulan mendatang ini sehingga kalangan usaha kedua negara bisa segera masuk ke Jepang dan ke Indonesia dengan segera di masa depan.

"Jepang ialah mitra strategis bidang ekonomi. Oleh karena itu pengaturan travel corridor usaha akan segera dilakukan dan kedua menteri luar negeri akan berbicara dalam waktu dekat dalam pengaturan hal tersebut."

Pentingnya investasi Jepang juga diucapkan terima kasih kerjasamanya oleh Presiden Jokowi sehingga beberapa perusahaan Jepang memperluas usahanya ke Indonesia seperti dari Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubishi chemical dan Toyota motor Corporation.

Presiden Jokowi juga mengingatkan Jepang mengenai pentingnya Ijin masuk ke Jepang banyak sekali produk di bidang pertanian perikanan perkebunan sehingga mudah masuk nantinya dalam waktu mendatang.

"Demikian pula kita juga minta Jepang agar bisa berpartisipasi pada penerbitan surat hutang Indonesia atau Sovereign wealth fund ."

Multilateral spirit kerjasama termasuk kerjasama inklusif indo pasifik kiranya juga dapat diperkuat di tengah revalitas semakin menajam di antara kekuatan dunia, tekan Presiden Jokowi kepada Jepang.

Indonesia juga sangat berharap terciptanya perdamaian dan stabilitas di laut China selatan, lanjut Presiden Jokowi lagi.

Sementara itu diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Comments