Bebaskan BBN-KB, Anies Harapkan Pengguna Kendaraan Listrik Bertambah

Otomotif

News / Otomotif

Bebaskan BBN-KB, Anies Harapkan Pengguna Kendaraan Listrik Bertambah

Bebaskan BBN-KB, Anies Harapkan Pengguna Kendaraan Listrik Bertambah

KEPONEWS.COM - Bebaskan BBN-KB, Anies Harapkan Pengguna Kendaraan Listrik Bertambah JAKARTA - Era elektrifikasi kendaraan listrik mendapat dukungan khusus di daerah Ibu Kota, dengan keluarnya Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020. Kebijakan tersebut memuat Insentif Pajak BBN-KB atas...

JAKARTA - Era elektrifikasi kendaraan listrik mendapat dukungan khusus di daerah Ibu Kota, dengan keluarnya Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020. Kebijakan tersebut memuat Insentif Pajak BBN-KB atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (BEV) untuk Transportasi Jalan.

Keluarnya peraturan tersebut menjadikan DKI Jakarta sebagai provinsi pertama, yang mempunyai kebijakan khusus terkait penggratisan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Baru (BBN-KB). Penggratisan itu berlaku khusus diterapkan untuk warga Jakarta yang membeli kendaran bermotor berbasis listrik penuh (EV) baik roda dua maupun empat.

Mobil Listrik

Anies menyebut peraturan ini mempunyai pengecualian alias tidak berlaku untuk jenis kendaraan hybrid maupun semi-listrik. "Tidak masalah kendaraan pribdai maupun umum, hanya untuk kendaraan bermotor 100 persen memakai listrik berbasis baterai," katanya kepada Okezone pada Kamis 23 Januari 2020.

Peraturan tersebut sudah ditandatangani oleh Anies, selaras dengan regulasi sebelumnya adalah Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019. Isi dalam Ingub tersebut mengatur kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam mengendalikan kualitas udara di Ibu Kota, termasuk dengan pengurangan polusi melalui dukungan pada penggunaan BEV.

Selanjutnya

Comments