Bea Cukai Kualanamu Serahkan Tersangka Penyelundup Benih Lobster ke Kejaksaan

Nasional

News / Nasional

Bea Cukai Kualanamu Serahkan Tersangka Penyelundup Benih Lobster ke Kejaksaan

Bea Cukai Kualanamu Serahkan Tersangka Penyelundup Benih Lobster ke Kejaksaan

KEPONEWS.COM - Bea Cukai Kualanamu Serahkan Tersangka Penyelundup Benih Lobster ke Kejaksaan Penyerahan terduga penyelundup benih lobster ke Kejaksaan, Foto: Humas Bea Cukai DELI SERDANG - Bea Cukai Kualanamu menyerahkan terduga dan barang bukti berupa koper dan benih lobster kepada pihak Kej...

Penyerahan terduga penyelundup benih lobster ke Kejaksaan, Foto: Humas Bea Cukai

DELI SERDANG - Bea Cukai Kualanamu menyerahkan terduga dan barang bukti berupa koper dan benih lobster kepada pihak Kejaksaan Negeri Deli Serdang, Kamis (24/7) lalu.

Penyerahan tersebut sebagai tindak lanjut penyelesaian kasus pelanggaran di bidang kepabeanan, yaitu penyelundupan delapan belas ribu benih lobster pada awal Februari 2020 silam.

Penindakan atas penyelundupan delapan belas ribu benih lobster tersebut dilaksanakan sebelum diberlakukannya Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan No 12 tahun 2020 perihal Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di wilayah Republik Indonesia. Saat itu benih atau baby lobster masih merupakan jenis barang yang dilarang kegiatan eksportasinya.

Diketahui belasan ribu benih lobster, senilai 2,8 miliar rupiah tersebut akan diekspor ke Singapura melalui Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Kualanamu.

Penyerahan terduga dan barang bukti kasus penyelundupan benih lobster ini merupakan pencapaian Bea Cukai Kualanamu. Pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, Bea Cukai Kualanamu melakukan penyidikan terhadap pelanggaran pidana di bidang kepabeanan, selain narkotika, dari mulai tahap satu hingga dinyatakan telah lengkap dan benar (P-21) oleh Kantor Kejaksaan Negeri, ungkap Elfi Haris, Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu.

Pencapaian ini, masih menurut Elfi, menjadi bukti kerja unit Pengawasan dan Penyidikan Bea Cukai Kualanamu khususnya Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) hingga merampungkan hasil penyidikannya dan dinyatakan lengkap dan benar oleh Kejaksaan Negeri Deli Serdang.

Terduga kami serahkan beserta barang bukti yang mana sebagian besar dari delapan belas ribu benih lobster tersebut sudah dilepasliarkan ke perairan laut wilayah Sibolga, Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Pengembalian satwa yang dilindungi tersebut ke habitatnya merupakan usaha kerja sama Bea Cukai Kualanamu dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Kemanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas 1 Medan, jelasnya. (ikl)

Bea Cukai Kualanamu Serahkan Tersangka Penyelundup Benih Lobster ke Kejaksaan

Comments