Bayi Sedang Sakit, Bisakah Diimunisasi?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bayi Sedang Sakit, Bisakah Diimunisasi?

Bayi Sedang Sakit, Bisakah Diimunisasi?

KEPONEWS.COM - Bayi Sedang Sakit, Bisakah Diimunisasi? Orangtua perlu memberikan imunisasi si kecil dengan dua alasan. Pertama, untuk melindungi dirinya sendiri. Meski Mama berpikir, peluang untuk tertular penyakit itu cukup kecil, tapi penyakit itu masih...

Orangtua perlu memberikan imunisasi si kecil dengan dua alasan.

Pertama, untuk melindungi dirinya sendiri. Meski Mama berpikir, peluang untuk tertular penyakit itu cukup kecil, tapi penyakit itu masih ada dan bayi dapat tertular kalau tidak terlindungi.

Jokowi Desak Kapolri Tuntaskan Kasus Novel Baswedan

Sebaiknya, kapan imunisasi diberikan pada bayi? Bisakah imunisasi diberikan saat bayi sakit?

Supaya imunisasi efektif, sebaiknya imunisasi diberikan saat bayi dalam kondisi sehat sehingga sistem antibodi tubuhnya bekerja optimal. Bagaimana bila ia sakit? Tergantung jenis penyakit dan parah tidaknya gangguan.

Bila tidak terlampau parah, biasanya imunisasi masih tetap dapat dilakukan. Kecuali, bila sakitnya benar-benar parah, maka sebaiknya tunda imunisasi sampai benar-benar sehat.

Alasannya adalah, selain dikhawatirkan imunisasi tidak berefek optimal, kondisi bayi yang lemah pun dikhawatirkan dapat memburuk kondisi kesehatan anak. Alasannya adalah, imunisasi ialah memasukkan bakteri yang sudah dilemahkan.

Biasanya, sebelum imunisasi, dokter, bidan, atau tenaga kesehatan lainnya akan memeriksa kondisi bayi.

Bila kondisinya tidak memungkinkan, mereka biasanya meminta bayi untuk kembali lagi beberapa hari kemudian atau ketika kondisi bayi sudah prima.

Setelah diimunisasi, terkadang muncul efek samping seperti demam, pembengkakan kecil, merah di tempat suntikan, nyeri, abses kecil, parutan, dan sebagainya. Inilah yang dinamakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Bayi Sedang Sakit, Bisakah Diimunisasi?

Comments