Bayi Laki-Laki Disunat Lebih Cepat Bisa Kurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bayi Laki-Laki Disunat Lebih Cepat Bisa Kurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Bayi Laki-Laki Disunat Lebih Cepat Bisa Kurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

KEPONEWS.COM - Bayi Laki-Laki Disunat Lebih Cepat Bisa Kurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih BANYAK ibu muda kini panik karena banyak bayi laki-laki sering mengalami infeksi saluran kemih. Akhirnya diputuskan untuk sunat semenjak bayi untuk meminimalisir risiko tersebut. Menanggapi hal itu, r...

BANYAK ibu muda kini panik karena banyak bayi laki-laki sering mengalami infeksi saluran kemih. Akhirnya diputuskan untuk sunat semenjak bayi untuk meminimalisir risiko tersebut.

Menanggapi hal itu, rupanya dokter menyetujui kebutuhan kaum ibu yang memutuskan untuk menyunat anaknya semenjak bayi. Sikap tersebut sudah tepat dilakukan, karena mencegah risiko bahaya.

Spesialis Anak dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K), mengatakan, bayi laki-laki memang sering mengalami infeksi saluran kemih. Sebabnya, kulup penisnya saat lahir sudah dalam kondisi rapat sekali.

(Unik Banget! 5 Rumah Tokoh Kartun Legendaris Ini Ada Di Dunia Nyata)

"Sunat jadi salah satu risiko menurunkan infeksi saluran kemih. Saat lahir kulit kulup rapat sekali, jadi tidak bisa dibersihkan," terang dia, saat ditemui di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

Dia mencontohkan, di Amerika Serikat, banyak bayi laki-laki baru lahir langsung disunat karena menghilangkan risiko infeksi saluran kemih. Karena, bayi tersebut sangat rentan apabila tidak ada pencegahan.

(Bocah 8 Tahun Asal Amerika Ini Mendadak Viral di China, Ada Apa Ya?)

Sementara di Indonesia, biasanya anak baru disunat menjelang akil baligh. Padahal risiko terkena infeksi saluran kemih justru semakin besar.

"Tindakan sunat bisa menurunkan risiko infeksi. Jadi lebih cepat disunat, pasti lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, kalau anak sudah terkena infeksi saluran kemih, lama-lama akan terdeteksi indikasi medis gangguan ginjal. Biasanya mengarah pada masalah ginjal kronik yang harus diwaspadai.

"Ini pasti ada hubungannya, jadi yang jelas anak bisa disunat lebih dulu," bebernya.

(tam)

Comments