Barista Asal Makassar Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Barista Asal Makassar Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia

Barista Asal Makassar Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia

KEPONEWS.COM - Barista Asal Makassar Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia MAKASSAR - Satu lagi anak Makassar mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional, adalah Rahmat Fatrianto. Barista kelahiran Makassar, 29 September 1987 itu akan berkompetisi pada Event W...

MAKASSAR - Satu lagi anak Makassar mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional, adalah Rahmat Fatrianto. Barista kelahiran Makassar, 29 September 1987 itu akan berkompetisi pada Event World Cup Tasters Champonship (WCTC) 2019 di Berlin pada 6-7 Juni 2019.

Rahmat Fatrianto atau akrab disapa Trian ini dipastikan akan mewakili Indonesia dan bersaing dengan 42 cuppers dari banyak sekali negara, setelah berhasil menyisihkan tujuh barista pada kompetisi Indonesia Cup Tasters 2019 yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lalu apa persiapan pemuda pemegang lisensi Q Arabica Grader 2017-2020 ini menjelang WTCT 2019 mendatang? Trian mengaku telah melakukan persiapan berbulan-bulan sebelum kompetisi dimulai. Bahkan, ia harus terbiasa menetralisir lidahnya untuk bisa mempertahankan kepekaan rasa kopi yang nantinya ia cicipi.

Barista andalan Indonesia di ajang kompetisi dunia di Berlin

"Selain fokus terus melatih kepekaan lidah, saya juga menjaga konsumsi makanan yang mengandung garam serta penyedap rasa, ya, hanya bisa makan nasi putih, roti tawar intinya makanan yang tidak punya rasa," ungkap Trian saat ditemui di Kopiteori.

Selain itu juga ada trik khusus yang telah disiapkan oleh Trian, adalah menyiapkan sendok kesayangannya dalam menguji cita rasa kopi.

"Sendok khusus Cuppers dengan bahan titanium produksi Akira kopi dari Lampung ini, menjadi alat pamungkas saya. Sendok tersebut dapat menyerap panas dengan baik dan tidak menanggalkan rasa kopi lainnya usai dicicipi," papar trian.

Kopi produksi Indonesia digemari berbagai negara

Bukan tidak mungkin, Putra dari pasangan Syaiful Husain Lahade dan Anita Yulianayanti ini ingin mengukir sejarah baru sebagai anak Makassar yang bisa bereprestasi di ajang Internasional dibidang cuppers.

Trian berharap bisa mendapat dukungan dari masyarakat dan pemerintah Indonesia, Sulawesi Selatan dan Makassar khususnya. Apalagi Trian membawa serta produk lokal Sulawesi Selatan berupa kopi toraja pada event internasional tersebut.

"Saya berharap besar kepada pemerintah daerah, semoga bisa menyokong penuh niat baik saya dalam berprestasi, terlebih lagi ini membawa nama Makassar dan Indonesia dikancah Internasional," tutup sang barista.

(ful)

Comments