Bapak Struktur Atom - Niels Bohr

Tokoh

Ragam / Tokoh

Bapak Struktur Atom - Niels Bohr

Bapak Struktur Atom - Niels Bohr

KEPONEWS.COM - Bapak Struktur Atom - Niels Bohr Atom selama ini dikenal sebagai struktur terkecil dari suatu zat. Sangat kecil dan tidak terlihat secara kasat mata. Niels Bohr merupakan seorang ilmuwan yang menemukan atom model bohr. Struktur atom...

Atom selama ini dikenal sebagai struktur terkecil dari suatu zat. Sangat kecil dan tidak terlihat secara kasat mata. Niels Bohr merupakan seorang ilmuwan yang menemukan atom model bohr. Struktur atom ini dikenal oleh kalangan pelajar dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Bapak Struktur Atom - Niels BohrNiels Bohr Atom bisa menghasilkan energi yang sangat besar. Dari atomlah dibuat bom atom yang mempunyai daya ledak yang sangat dahsyat. Radiasi atom juga menimbulkan efek negatif yang tidak kalah bahaya ketika atom itu meledak.
Nama lengkapnya ialah Niels Henrik David Bohr. Dia lahir di Kopenhagen, Denmark, pada 7 Oktober 1855. Keluarganya ialah keluarga ilmuwan. Ayahnya, Christian Bohr, spesialis fisika dan guru besar fisiologi di Universitas Kopenhagen. Sementara ibunya, Ellen Adier Bohr, berlatar belakang keluarga bankir dan pendidikan. Perpaduan ini menjadi sebuah modal besar bagi tumbuhnya bakat kejeniusan anak-anaknya. Adik Bohr, Harald, sangat ahli dibidang matematika, dan saat dewasa menjadi guru besar matematika.
Pendidikan Bohr dilalui di Gammelholm Grammar School pada tahun 1903, kemudian melanjutkan ke Universitas Copenhagen. Disini, dia berada dibawah bimbingan Prof. C. Christiansen, seorang fisikawan orisinal yang benar-benar membantu Bohr.
Karir mengajar Bohr berpindah-pindah dari Denmark ke Inggris. Sempat mengajar fisika di Universitas Kopenhagen pada tahun 1913-1914, lalu pindah ke Manchester dan mengajar di Universitas Victoria pada tahun 1914-1916. Tahun 1916, dia diangkat menjadi Guru Besar Fisika Teoritis di Universitas Kopenhagen. Tahun 1920 sampai meninggal, dia memimpin Institut Fisika Teoritis yang khusus didirikan untuknya di Universitas Kopenhagen.
Buku dan tulisan karyanya ada sekitar 115. Tiga diantaranya yang diterbitkan dalam bahasa inggris, yaitu The Theory of Spectra and Atomic Constitution (1922), Atomic Theory and The Description of Nature (1934), dan The Unity of Knowledge (1955).
Ketika Denmark dikuasai Jerman yang dipimpin oleh Hitler dalam Perang Dunia II, Bohr melarikan diri ke Swedia. Dua tahun sebelum Perang Dunia II usai, dia menghabiskan waktunya di Inggris dan Amerika. Disana dia berhubungan dengan Proyek Energi Atom.
Bohr melakukan kampanye atom untuk perdamaian. Atom ternyata bisa menyulut pertikaian di negara-negara besar. Tidak hanya masalah militer, tapi juga merembet ke masalah politik. Pada tanggal 19 Juni 1950, dia mengirim surat terbuka kepada PBB yang isinya menyerukan agar menghindari perang. Para negarawan dihimbaunya agar saling bertukar berita untuk menumbuhkan kepercayaan di masing-masing pihak. Bohr meninggal dunia pada tanggal 18 November 1962 di kota kelahirannya.

Comments