Banyak yang keliru, ini cara masak nasi di rice cooker tanpa berkerak

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Banyak yang keliru, ini cara masak nasi di rice cooker tanpa berkerak

Banyak yang keliru, ini cara masak nasi di rice cooker tanpa berkerak

KEPONEWS.COM - Banyak yang keliru, ini cara masak nasi di rice cooker tanpa berkerak foto: TikTok/@achtasyaiman Nasi identik dengan makanan pokok orang Asia, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, ada istilah bel...
Banyak yang keliru, ini cara masak nasi di rice cooker tanpa berkerak foto: TikTok/@achtasyaiman

Nasi identik dengan makanan pokok orang Asia, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, ada istilah belum kenyang kalau belum makan nasi. Itu artinya, nasi memang sudah jadi makanan wajib bagi sebagian orang. Sumber karbohidrat satu ini memang mengenyangkan dan punya manfaat buat kesehatan, lho.

Dilansir dari lybrate.com, mengonsumsi nasi dapat bermanfaat untuk menambah energi, meningkatkan metabolisme, mengembalikan kadar glikogen usai beraktivitas, melancarkan pencernaan, dan lain sebagainya. Namun, sebaiknya hindari konsumsi nasi secara berlebihan karena bisa berisiko menyebabkan banyak sekali penyakit.

Selain bikin kenyang, nasi juga cukup mudah dibuat. Apalagi sekarang sudah banyak alat masak yang membuat masak nasi jadi lebih cepat. Umumnya, orang-orang memakai rice cooker maupun magic jar. Kedua alat ini paling praktis buat memasak nasi karena sudah ada pengaturan waktu otomatis, sehingga usai alat dinyalakan, nasi yang sedang dimasak bisa langsung ditinggal untuk mengerjakan aktivitas lainnya.

Namun, saat memasak nasi kerap didapati kerak nasi yang lengket dan mengering pada bagian bawah rice cooker, bukan? Hal ini memang sangat menyebalkan karena nantinya wadah yang digunakan masak nasi jadi sulit dibersihkan dan nasi bisa terbuang percuma. Rupanya ada teknik tersendiri biar masak nasi tidak meninggalkan kerak.

Seorang pengguna TikTok dengan akun TikTok/@achtasyaiman pada Senin (4/7), wanita ini membagikan trik mudah memasak nasi tanpa meninggalkan kerak. Pertama-tama, pastikan tempat menanak bersih sebelum digunakan. Jangan lupa cuci pakai sabun dan sponge pencuci yang lembut biar nggak merusak lapisan tempat nasi.

Cara ampuh masak nasi  berbagai sumber

foto: TikTok/@achtasyaiman

Penting juga untuk memastikan wadah sudah dalam keadaan kering atau tidak basah sedikit pun saat memasak, terutama bagian luarnya. Kamu bisa menyeka sisa air dengan kain atau tisu. Pastikan juga kain dan tisunya bersih agar nasi tetap higienis saat dimasak.

Cara ampuh masak nasi  berbagai sumber

foto: TikTok/@achtasyaiman

Kemudian, siapkan beras yang ingin dimasak dan lanjut dicuci di bawah air mengalir. Jangan cuci beras di wadah untuk memasak nasi agar tempatnya tetap kering. Sebagai gantinya, kamu bisa pakai baskom atau wadah khusus tempat mencuci beras.

Cara ampuh masak nasi  berbagai sumber

foto: TikTok/@achtasyaiman

Setelah beras dicuci sampai bersih, langsung masukkan ke wadah rice cooker. Tambahkan air sebanyak satu ruas jari. Alih-alih memakai air mentah, kamu lebih baik memakai air matang untuk menanak nasi.

Cara ampuh masak nasi  berbagai sumber

foto: TikTok/@achtasyaiman

Kemudian, masak nasi seperti biasanya. Usai nasi matang, jangan langsung membuka tutup rice cooker dan magic com. Kalau biasanya, kamu langsung membuka rice cooker saat nasi matang, maka kebiasaan tersebut harus dihentikan. Kamu perlu diamkan nasi sekitar 15 sampai 30 menit terlebih dahulu setelah matang.

Cara ampuh masak nasi  berbagai sumber

foto: TikTok/@achtasyaiman

Setelah itu, buka tutupnya dan aduk seluruh nasi biar nasi nggak mudah menempel pada wadah nasi. Setelah nasi sudah diaduk, tutup kembali rice cooker atau magic jar, dan cabut kabelnya dari stop kontak. Lalu, nasi siap disantap, mudah, kan?

Cara ampuh masak nasi  berbagai sumber

foto: TikTok/@achtasyaiman

Video TikTok tersebut kini sudah ditonton ratusan kali dan mendapat tanda like sebanyak lebih dari 13 ribu. Video yang memperlihatkan trik masak nasi tersebut pun ternyata banyak menuai komentar positif, lho. Ada yang mengaku sangat terbantu dengan cara masak nasi ini atau bahkan sudah menerapkannya semenjak lama.

"Kaya yang di ajarin Ibuku dulu, panci & rice cooker awet, sekarang tinggal bareng mertua, mertua yang masak nasinya jadi full no cabut colokan," ungkap pemilik akun TikTok/@(+), dilansir BrilioFood pada Senin (4/7).

"Sama bun tapi aku seringnya dipindah ke wadah nasi," jelas TikTok/@herlin aja deh.

"Oh gtu cranya,, mkasih infonya," pungkas pemilik akun TikTok/@(Taylors version).

"Iya intinya begitu pindah mode dari cook ke warm jangan langsung diaduk," komentar TikTok/@eskopi.

"Betul sekali saya tidak pernah mencuci beras di tempat rice cooker harus ditempat yang berbeda," tulis akun TikTok/@nurkusumah.

@achtasyaiman Siapa yg klo msk nasi, masih suka keringg sampe bekerak? Nih caranya supaya ga lengket/kering #fyp S31 - Samuel Ifeanyi (mal)

Comments