Banyak Petugas KPPS Meninggal, JK Saran Pemilu Serentak Dievaluasi

Nasional

News / Nasional

Banyak Petugas KPPS Meninggal, JK Saran Pemilu Serentak Dievaluasi

Banyak Petugas KPPS Meninggal, JK Saran Pemilu Serentak Dievaluasi

KEPONEWS.COM - Banyak Petugas KPPS Meninggal, JK Saran Pemilu Serentak Dievaluasi Laporan Wartawan Tribunnews, Rina Ayu JAKARTA Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyarankan, penyelenggaraan pemilu serentak harus dievaluasi, terkai banyaknya korban meninggal dunia yang kelelahan saat...
Loading...

Laporan Wartawan Tribunnews, Rina Ayu

JAKARTA Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyarankan, penyelenggaraan pemilu serentak harus dievaluasi, terkai banyaknya korban meninggal dunia yang kelelahan saat bertugas menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ia mengatakan, semenjak awal telah ada kekhawatirkan terkait beban kerja yang sangat berat dari seorang petugas KPPS, mengingat pemilu 2019 merupakan pemilu yang paling rumit.

Itu lah yang kita khawatirkan semenjak awal. Bahwa ini pemilu yang terumit, ternyata ada korbannya baik di kalangan KPPS juga di Kepolisian ada korban, kata wapres JK di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, usai mendapatkan tokoh dan pimpinan ormas Islam, Senin (22/4/2019) malam.

Hari Ini KPU Bersama Kemenkeu Dijadwalkan Bahas Santunan untuk 132 Petugas Pemilu yang Meninggal

Gempa Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 3.5 Guncang Sumbawa NTB Selasa Dini Hari di Kedalaman 10 Km

JK pun meminta agar pilpres dan pileg penyelenggaraanya dipisah, di mana pemilihan calon anggota legislatif digelar tertutup oleh parpol.

Masyarakat cukup memilih partai, dan partai yang menentukan calegnya sendiri.

Tentu harus evaluasi yang keras, Salah satu hasil evaluasi dipisahkan antara pilpres dengan pileg itu supaya bebannya jangan terlalu berat. Termasuk juga caleg-caleg itu tertutup. Pilih partai saja, sehingga tidak terjadi keruwetan menghitung, jelas dia.

Diketahui sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan jumlah anggota KPPS yang meninggal dunia sebanyak 90 orang.

Sementara 374 orang lainnya dilaporkan jatuh sakit dalam keadaan bervariasi.

Jumlah tersebut belum termasuk aparat keamanan dari kepolisian dan TNI, yang juga gugur saat bertugas memberikan pengamanan pada pelaksanaan pesta demokrasi lalu.

Banyak Petugas KPPS Meninggal, JK Saran Pemilu Serentak Dievaluasi
Loading...

Comments