Banyak Hewan Kelaparan, Ribuan Kilogram Wortel Diterjunkan dari Udara

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Banyak Hewan Kelaparan, Ribuan Kilogram Wortel Diterjunkan dari Udara

Banyak Hewan Kelaparan, Ribuan Kilogram Wortel Diterjunkan dari Udara

KEPONEWS.COM - Banyak Hewan Kelaparan, Ribuan Kilogram Wortel Diterjunkan dari Udara Ilustrasi ribuan kilogram wortel yang diterjunkan dari helikopter. (Kolase Twitter dan YouTube) Kebakaran hutan yang terjadi pada beberapa negara bagian di Australia menyisakan banyak sekali momen ya...

Ilustrasi ribuan kilogram wortel yang diterjunkan dari helikopter. (Kolase Twitter dan YouTube)

Kebakaran hutan yang terjadi pada beberapa negara bagian di Australia menyisakan banyak sekali momen yang menyedihkan. Banyak hewan yang berhasil selamat kini kelaparan karena jutaan tumbuhan telah mati terbakar.

Sebagai referensi, kebakaran hutan Australia yang mencapai puncak pada November dan Desember 2019 telah membakar habis lebih dari 9 juta hektar lahan.

Cukup miris, World Wildlife Fund memperkirakan bahwa 1,25 miliar hewan telah mati sebagai dampak langsung maupun tidak langsung kebakaran hutan Australia.

Banyak ilmuwan yang memperkirakan bahwa koala dan hewan asli Australia bisa berisiko punah apabila habitatnya tidak dipulihkan setelah kebakaran hutan melanda Australia.

Selain koala, salah satu hewan asli Australia yang mendapatkan perhatian merupakan walabi, spesies mirip kanguru dengan ukuran lebih kecil (45 hingga 105 sentimeter).

Ribuan kilogram wortel diterjunkan dari helikopter. (YouTube/ Evening Standard)Ribuan kilogram wortel diterjunkan dari helikopter. (YouTube/ Evening Standard)

Kondisi walabi yang makin memprihatinkan membuat pemerintah New South Wales, salah satu negara bagian Australia, bertindak cepat dengan menyebarkan ribuan kilogram makanan kesukaan mereka.

Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah New South Wales beserta relawan dan ilmuwan karena spesies walabi kelaparan sebagai dampak hilangnya tumbuhan yang terbakar.

Dikutip dari UNILAD, aksi yang diberi nama "Operation Rock Wallaby", bertujuan memberi makan koloni walabi batu dan membantu populasi marsupial agar dapat bertahan hidup.

Walabi saat memakan wortel. (Twitter/ Matt_KeanMP)Walabi saat memakan wortel. (Twitter/ Matt_KeanMP)

Operasi dipimpin langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup New South Wales, Matt Kean.

Ia juga ikut menjatuhkan beberapa kotak wortel dari pesawat yang ia tumpangi.

Mereka menjatuhkan lebih dari 2.200 kilogram sayuran segar di mana kebanyakan merupakan wortel dan ubi jalar.

Walabi batu dianggap spesies yang berisiko punah setelah sebagian besar habitatnya terbakar.

Ribuan koala juga dikonfirmasi telah "terpanggang" sehingga menyisakan momen menyedihkan pada kasus kebakaran hutan di Australia.

Beberapa hewan seperti kanguru, glider, dan marsupial lainnya diharapkan bisa tertolong dengan operasi penjatuhan ribuan kilogram wortel dari helikopter dan pesawat ini.

Comments