Banjir Jadi 'Wahana' Bermain Anak, Apa Bahayanya?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Banjir Jadi 'Wahana' Bermain Anak, Apa Bahayanya?

Banjir Jadi 'Wahana' Bermain Anak, Apa Bahayanya?

KEPONEWS.COM - Banjir Jadi 'Wahana' Bermain Anak, Apa Bahayanya? Banjir kembali melanda sebagian titik Ibu Kota Jakarta. Bahkan dari laporan terakhir menyebutkan, banjir di Jakarta dan sekitarnya ini sudah menelan korban jiwa. Pasalnya, diketahui sembilan orang tel...

Banjir kembali melanda sebagian titik Ibu Kota Jakarta. Bahkan dari laporan terakhir menyebutkan, banjir di Jakarta dan sekitarnya ini sudah menelan korban jiwa.

Pasalnya, diketahui sembilan orang telah meninggal dunia karena banjir yang melanda Jakarta, Bekasi, dan Tangerang Selatan pada Selasa 25 Februari 2020 kemarin.

Tapi di sisi lain, bencana alam banjir ini dimanfaatkan oleh anak-anak sebagai wahana 'kolam renang' gratis. Di sosmed banyak beredar tayangan anak-anak bermain di air banjir yang kotor, apa bahayanya?

Dijelaskan oleh Dr.dr Nastiti Kaswandini, Sp.A (K) kondisi anak-anak bermain di air banjir tentunya sangat berbahaya. Karena, secara kasat mata air banjir yang menjadi 'kolam renang' gratis tersebut merupakan kumpulan dari banyak sekali campuran kotoran.

Air banjir itu asalnya sudah enggak tahu dari mana asalnya. Dari got, air toilet, belum lagi limbah pabrik, bisa jadi limbah rumah sakit yang sudah enggak tahu lagi isinya apa. Limbah-limbah berbahaya yang tempatnya tergenang, ungkap Dr.dr Nastiti, saat ditemui di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Anak Main Banjir

Dengan kondisi air banjir yang kotor, banyak ancaman masalah kesehatan bisa menyerang anak. Pertama masalah kulit sebagai organ tubuh terluar yang pertama terkontak dengan air banjir. Tak hanya kulit sebagai organ tubub terluar, Dr.dr Nastiti juga menyebutkan masalah kesehatan juga disebut mengancam organ pernafasan.

Percaya deh itu tentunya enggak sehat, yang paling mudah tentunya kulit. Gimana kalau di kulitnya ada luka? Nyebur juga air bisa tertelan ke tenggorokan. Terpecik airnya kena mata, airnya juga bisa terhirup melalui hidung. Semua jadi tempat masuk air kotor, ini membahayakan segala organ tubuh, pungkas Dr.dr Nastiti singkat.

(hel)

Comments