Bangun Jembatan Gantung, Menteri Basuki Hubungkan Sekolah, Pasar hingga Kantor

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Bangun Jembatan Gantung, Menteri Basuki Hubungkan Sekolah, Pasar hingga Kantor

Bangun Jembatan Gantung, Menteri Basuki Hubungkan Sekolah, Pasar hingga Kantor

KEPONEWS.COM - Bangun Jembatan Gantung, Menteri Basuki Hubungkan Sekolah, Pasar hingga Kantor JAKARTA - Pemerintah menjalankan program padat karya tunai (cash for work) untuk memulihkan ekonomi karena virus corona. Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya kalangan miskin dan marginal ya...

JAKARTA - Pemerintah menjalankan program padat karya tunai (cash for work) untuk memulihkan ekonomi karena virus corona. Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya kalangan miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal dengan tujuan khusus.

Kementerian PUPR menjalankan program tersebut dengan pemeliharaan rajin jembatan yang memakai skema swadaya masyarakat seperti untuk pengecatan rangka jembatan, salah satunya jembatan gantung di Magelang, Jawa Tengah.

Pasok Air Bersih Jakarta, Proyek Ini Dilelang

Hadirnya jembatan ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga, ujar Menteri Basuki beberapa waktu lalu, dikutip dari laman Instagram Kemenpupr, Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Magelang merupakan salah satu daerah pendidikan paling maju dan berkembang. Selain itu, daerah tersebut cukup terkenal dan seringkali dijadikan tujuan wisata karena mempunyai destinasi yang bervariasi.

Jembatan Gantung

Guna menggerakkan potensi ekonomi perdesaan Magelang sebagai objek wisata, jembatan gantung tersebut menjadi salah satu wahana akses penghubung antardesa.

APBN Kembang Kempis Danai Proyek Infrastruktur

Kehadiran jembatan gantung juga sangat dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografis Indonesia yang mempunyai banyak gunung, lembah dan sungai. Kondisi ini kerap menjadi pemisah antara tempat tinggal dan fasilitas publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintah.

Sebagai berita, Kementerian PUPR akan membangun 38 jembatan gantung. Beberapa jembatan gantung di wilayah Magelang, Jawa Tengah yang telah selesai dilakukan pengecatan antara lain, Jembatan Gantung Kaligaleh, Jembatan Gantung Mangunsoka, dan Jembatan Gantung Soropadan.

(fbn)

Comments