Bandara Juanda Surabaya Paling Tepat Waktu di Dunia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Bandara Juanda Surabaya Paling Tepat Waktu di Dunia

Bandara Juanda Surabaya Paling Tepat Waktu di Dunia

KEPONEWS.COM - Bandara Juanda Surabaya Paling Tepat Waktu di Dunia Kamis, 05 Januari 2017 | 19:50 WIB<! end share display ><! end single img >Bandara Juanda, Surabaya. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo<! end block display >Jakarta - Bandar Udara Internasio...

Kamis, 05 Januari 2017 | 19:50 WIB

<! end share display ><! end single img >

Bandara Juanda, Surabaya. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

<! end block display >

Jakarta - Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero), dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu di dunia tahun 2016 berdasarkan riset lembaga analis perjalanan udara asal Inggris, OAG, yang dirilis pada Januari 2017.

"Harapan kami, pengakuan ini dapat memotivasi bandara lainnya di Tanah Air dalam meningkatkan on-time performanceagar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S. Baskoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 5 Januari 2017.

Baca:Menhub PujiBandaraBanyuwangi Jadi Ikon Pariwisata

Hasil riset ini menunjukkan salah satu indikator keberhasilan kinerja Bandara Juanda pada 2016 dan merupakan pengakuan komunitas internasional atas salah satu fokus Angkasa Pura terhadap kinerja tepat waktu sebagai salah satu aspek terkait dengan pelayanan pelanggan.

Bandara Internasional Juanda mencatatkan diri sebagai bandara paling tepat waktu pada kategori bandara besar (bandara dengan 10-20 juta penumpang per tahun), dengan tingkat on-time performance (OTP)rata-rata 90,30 persen.

Posisi berikutnya diraih Bandara Honolulu di Amerika Serikat (87,53 persen), Bandara Salt Lake City di Amerika Serikat (87,2 persen), Bandara Brasilia di Brasil (87,07 persen), dan Bandara Brisbane di Australia (86,71 persen).

Secara keseluruhan, Bandara Juanda menempati posisi ketiga di antara semua bandara yang masuk daftar "OAG Punctuality League 2016".

Peringkat pertama diperoleh Bandara Birmingham Inggris dengan OTP rata-rata 91,28 persen, yang juga menduduki peringkat pertama pada kategori bandara menengah (5-10 juta penumpang per tahun), disusul Bandara Newcastle di Inggris (OTP 90,94 persen) yang juga menduduki peringkat pertama pada kategori bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun).

Baca:BenahiBandaraSam Ratulangi, AP I Investasikan Rp 10 Miliar

Peringkat "OAG Punctuality League" diolah berdasarkan sekitar 54 juta catatan penerbangan selama setahun penuh di 2016 untuk menunjukkan kinerja bandara dan maskapai penerbangan terbaik yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Untuk bandara dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun), bandara menengah (5-10 juta penumpang per tahun), bandara besar (10-20 juta penumpang per tahun), dan bandara utama (di atas 20 juta penumpang per tahun).

OAG mendefinisikan OTP sebagai penerbangan yang datang atau berangkat dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu kedatangan atau keberangkatan.

ANTARA

Bandara Juanda Surabaya Paling Tepat Waktu di Dunia

Comments