Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh 29 April 2020

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh 29 April 2020

Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh 29 April 2020

KEPONEWS.COM - Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh 29 April 2020 YOGYAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YiA) yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY, mempunyai peran strategis bagi perekonomian Yogyakarta maupun nasional....

YOGYAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YiA) yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY, mempunyai peran strategis bagi perekonomian Yogyakarta maupun nasional. Kehadiran bandara ini, tidak hanya menyelesaikan permasalahan keterbatasan Bandara Adisutjipto saja, namun juga menjadi pintu utama masuknya wisatawan asing ke Indonesia.

Jadi bandara ini akan menjadikan DIY lebih istimewa," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam Forum Group Discusion (FGD) yang Yogyakarta, Jumat (13/12/3019).

Bandara Baru Yogyakarta Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Bandara YIA, kata Faik, akan menyelesaikan banyak hal yang selama ini berlarut-larut dan tidak terselesaikan. Mulai tidak tercapainya kunjungan turis asing, menghambat transportasi udara ke tempat lain hingga alasan keamanan penerbangan dan kepadatan penerbangan di Adisutjipto, Yogyakarta.

Bandara Internasional Yogyakarta

Adisutjipto itu sudah tidak memadai, dari kapasitas 1,7 juta penumpang per tahu saat ini sudah 8,4 juta penumpang, jelas Faik.

Semestinya, kehadiran bandara YIA, ini sudah harus ada pada 5 atau 10 tahun yang lalu. Karena kepadatan penerbangan, emnjadikans etiap akhir pekan, penerbangan ke Yogyakarta harus tertahan di atas DIY selama setengah jam menunggu parkin stand pesawat. Hal ini menjadikan unsur keamanan dan keselamatan penerbangan menjadi tidak maksimal.

Pembangunan Bandara YIA Dinilai Sangat Cepat

Bandara YIA, mempunyai panjang runway hingga 3.250 meter, sehingga bandara ini bisa didarati pesawat berukuran besar. Hal ini menjadi daya tari bagi sejumlah maskapai dari luar negeri tertarik membuka rute penerbangan langsung ke YIA.

Kalau banyak maskapai asing pertumbuhan ekonomi akan semakin bagus, turis asing juga meningkat, jelasnya.

Presiden, saat ini telah menargetkan kunjungan turis asing di Yogyakarta sebanyak 20 juta orang per tahun. Namun belakangan ini turis asing semakin tidak Nampak. Mereka yang datang ke Indonesia masuk melalui Bali dan Jakarta.

Selanjutnya

Comments