Ban Mobil Bocor, Perhatikan 3 Hal Ini Demi Keamanan

Otomotif

News / Otomotif

Ban Mobil Bocor, Perhatikan 3 Hal Ini Demi Keamanan

Ban Mobil Bocor, Perhatikan 3 Hal Ini Demi Keamanan

KEPONEWS.COM - Ban Mobil Bocor, Perhatikan 3 Hal Ini Demi Keamanan JAKARTA - Setiap pengendara pasti tidak menginginkan ada masalah saat mengemudi. Tetapi, terkadang ban yang bocor terjadi dan cukup mengganggu. Ada beberapa hal yang patut diketahui untuk menyikapi ma...

JAKARTA - Setiap pengendara pasti tidak menginginkan ada masalah saat mengemudi. Tetapi, terkadang ban yang bocor terjadi dan cukup mengganggu. Ada beberapa hal yang patut diketahui untuk menyikapi masalah ban bocor.

Paling tidak, ada 3 hal yang harus menjadi perhatian saat ban mobil mengalami kebocoran.

Modifikasi Kendaraan Jadi "Motor" Industri Otomotif

1. Apakah ada batasan jumlah menambal ban?

Ternyata jumlah penambalan ban bocor tidak ada batasnya. Namun, yang harus diperhatikan pemilik kendaraan seberapa besar luka pada ban tersebut.

"Lebar luka pada ban maksimal 12 milimeter (mm). Jikalau lebih dari itu, ban tidak boleh ditambal, lebih baik ganti," ujarnya Manager Training Dunlop Bambang Hermanu Hadi dilansir dari iNews.id.

Dia menerangkan apabila ditambal pakai string, satu string hanya dapat menutup lubang sekitar 6 mm. Bila luka pada ban 12 mm bisa lebih dari dua sampai tiga string sehingga rentan copot.

"Bila luka lebih dari 10 mm sebaiknya segera ganti ban baru, walaupun luka di satu lubang," kata dia.

Produk Otomotif Diakui Dunia, RI Ekspor Kendaraan CBU ke 80 Negara

2. Bagaimana bila ban bocor lebih dari satu lubang?

Jikalau hal ini terjadi, perhatikan jarak antar-lubang, jangan kurang dari 40 cm. "Bila kurang dari itu dikhawatirkan luka akan menjalar dan tumbuh jadi satu. Ini bisa menyebabkan luka besar pada ban (pecah ban)," ujar dia.

Comments