Bamsoet Raih Rekor MURI Turnamen Catur Master Terbanyak di Dunia

Nasional

News / Nasional

Bamsoet Raih Rekor MURI Turnamen Catur Master Terbanyak di Dunia

Bamsoet Raih Rekor MURI Turnamen Catur Master Terbanyak di Dunia

KEPONEWS.COM - Bamsoet Raih Rekor MURI Turnamen Catur Master Terbanyak di Dunia Laporan Wartawan Tribunnews, Chaerul Umam JAKARTA - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendapatkan rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor penyelenggaraan Turnamen Catur Terbuka Pi...

Laporan Wartawan Tribunnews, Chaerul Umam

JAKARTA - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendapatkan rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor penyelenggaraan Turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia.

Selain mengasah kemampuan para peserta catur yang memperebutkan Piala Ketua DPR RI dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah, turnamen ini sekaligus sebagai bukti nyata DPR RI dalam menyokong dan memfasilitasi lahirnya bibit-bibit unggul dalam olahraga catur.

"Rekor dunia yang diberikan MURI membuat DPR RI lebih semangat lagi menjadi Parlemen Modern dan Terbuka. Beberapa waktu lalu kita selenggarakan safety riding melibatkan komunitas motor, pameran seni dan budaya dan kini tunamen catur. Kedepan akan ada pameran filateli serta lomba burung berkicau. Semua itu dilakukan agar DPR RI bisa merangkul banyak sekali elemen masyarakat yang beraneka ragam," ujar Bamsoet saat membuka Turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI, di Loby Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

Turut muncul dalam acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Grand Master Utut Adianto, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Anggota DPR RI Taufiqulhadi, Ketua Komunitas Pecinta Catur Indonesia Hatta Taliwang, Ketua MURI Jaya Suprana dan Tokoh Aktivis Senior Hariman Siregar.

Politisi Partai Golkar ini memaparkan, Turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI awalnya dibuka untuk 1.000 peserta.

Namun karena antusiasme yang luar biasa, ditambah menjadi 1.042 peserta.

Kasus Kematian Sitti Zulaeha PNS UNM Mulai Terkuak Setelah Polisi Ringkus Seorang Pejabat Kampus

Bila tidak dibatasi, mengingat kondisi ruangan dan hal teknis lainnya, peserta bisa lebih banyak lagi.

"1.042 peserta dari banyak sekali daerah dan kalangan yang ikut menyemarakkan turnamen ini terbagi dalam beberapa kategori laga. 138 peserta kategori Master, 54 peserta kategori Parlemen, 568 peserta kategori Non Master, 92 peserta kategori Junior Usia 12 tahun, 54 peserta kategori Junior Usia 16 tahun, 64 peserta kategori Wanita dan Wasit, serta 72 peserta kategori Veteran 55 tahun ke atas," jelas Bamsoet.

Bambang Soesatyo Catat Rekor MURI Turnamen Catur_1 Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendapatkan rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor penyelenggaraan Turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia, Sabtu (23/3/2019).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini berharap, melalui Turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI, para pecatur bisa mengasah kemampuan dan meningkatkan jam terbang mereka.

Comments