Bakal Antar Manusia ke Planet Mars, Roket SpaceX Jalan Tes Pertama

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Bakal Antar Manusia ke Planet Mars, Roket SpaceX Jalan Tes Pertama

Bakal Antar Manusia ke Planet Mars, Roket SpaceX Jalan Tes Pertama

KEPONEWS.COM - Bakal Antar Manusia ke Planet Mars, Roket SpaceX Jalan Tes Pertama Ilustrasi roket SpaceX. (Twitter/ @SpaceX) Perusahaan antariksa Amerika Serikat (AS), SpaceX siap untuk menggelar uji coba prototipe roket. Rencananya, roket SpaceX ini bakal mengantarkan astronot ke...

Ilustrasi roket SpaceX. (Twitter/ @SpaceX)

Perusahaan antariksa Amerika Serikat (AS), SpaceX siap untuk menggelar uji coba prototipe roket. Rencananya, roket SpaceX ini bakal mengantarkan astronot ke Planet Mars.

Starhopper, prototipe dari roket Starship, menjalani tes pembakaran di sebuah pangkalan peluncuran roket SpaceX di Boca Chica, Texas, AS.

''Starhopper telah menuntaskan lompatan terikatnya. Seluruh sistem berstatus hijau (indikator baik),'' ungkap Elon Musk, pendiri sekaligus bos SpaceX di Twitter, Rabu (3/4/2019).

Uji pembakaran itu, demikian diwartakan Space.com, berlangsung kurang dari satu menit. Dalam uji pembakaran itu Starhopper memakai mesin Raptor, yang sanggup menghasilkan daya dorong sebesar 200 ton atau sekitar 1.962 kilonewton.

Kekuatan mesin ini sangat dasyat. Sebagai pembanding, mesin Merlin milik SpaceX untuk roket Falcon 9, yang digunakan untuk mengangkut satelit ke orbit Bumi, hanya mempunyai daya dorong 845 kilonewton.

Roket SpaceX Falcon 9. (SpaceX)Roket SpaceX Falcon 9. (SpaceX)

Dalam tes itu, roket SpaceX tampaknya hanya memakai satu mesin dan berhasil mengangkat Starhopper ke udara, meski tidak terlalu tinggi. Selain itu, Starhopper juga masih terikat ke Bumi, sehingga tak terlontar liar ke udara.

Starship dijadwalkan akan menjalani misi ke planet Mars pada tahun 2022 mendatang untuk membawa kargo ke Planet Merah.

Kemudian pada 2024, ia akan kembali lagi ke sana untuk membawa muatan tambahan, plus menyertakan awak manusia di dalamnya.

Selain itu, Starship juga mempunyai misi untuk mengantarkan jutawan Jepang, Yusaku Maezawa, untuk berwisata ke Bulan pada tahun 2023. ( Tivan Rahmat).

Comments