Bajamba, Pesta Makan Adat dari Sawahlunto

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Bajamba, Pesta Makan Adat dari Sawahlunto

Bajamba, Pesta Makan Adat dari Sawahlunto

KEPONEWS.COM - Bajamba, Pesta Makan Adat dari Sawahlunto Sawahlunto - Beberapa daerah di Indonesia punya pesta makan istiadat, termasuk di Sawahlunto, Sumbar. Menyambut HUT ke-129, mereka menggelar perayaan makan Bajamba. Nyamm!Perhelatan makam Bajamba pun...

Sawahlunto - Beberapa daerah di Indonesia punya pesta makan istiadat, termasuk di Sawahlunto, Sumbar. Menyambut HUT ke-129, mereka menggelar perayaan makan Bajamba. Nyamm!

Perhelatan makam Bajamba pun diselenggarakan pagi ini di Lapangan Segitiga depan kantor PT Bukit Asam, Jumat (1/12/2017). Tak terhitung berapa banyak wadah berisi makanan serta lauk pauknya di atas karpet.

Diungkapkan oleh Kadisparpora Sawahlunto, Efriyanto, makan bajamba menjadi prosesi makan tata cara untuk silaturahmi sekaligus selamatan. Warga makan bersama aneka jenis hidangan.

"Makan Bajamba merupakan sebuah prosesi makan tradisional. Makan kebesaran dari prosesi istiadat. Proses makannya ialah makan bersama dengan hidangan makanan khas dan tradisional Sawahlunto yang disediakan dalam bentuk dulang. Dalam 1 dulang itu diisi kurang lebih 7 sampai 10 makanan tradisional," ujar Efrianto pada detikTravel.

Bajamba, Pesta Makan Adat dari SawahluntoFoto: Asyiknya makan bersama (Johanes Randy/detikTravel) Dilihat oleh detikTravel, tampak satu wadah atau dulang besar yang ditutupi oleh semacam tatakan dengan karpet bermotif songket di atasnya. Di sekelilingnya dapat dijumpai lauk pauk yang bervariasi dari makanan pembuka, pokok hingga penutup. Dari lamang tapai, rendang, ayam lado hijau sampai kudapan manis basah, semua sudah tersaji.

"Mulai dari makanan pembuka makanan pokok beserta lauk pauknya sampai dengan makanan penutup. Jadi lengkap di situ," kata dia.

Ditambahkan oleh Efrianto, umumnya satu dulang itu dinikmati empat sampai lima orang. Konsepnya merupakan makan bersama sebagai ajang silaturahmi. Tidak tanggung-tanggung, Sawahlunto juga pernah meraih rekor MURI untuk makan Bajamba terbanyak tahun 2008 silam. Luar biasa!

Menariknya lagi, traveler pun bisa menikmati makan Bajamba apabila datang ke Sawahlunto. Ditambahkan oleh Efrianto, pihaknya punya paket wisata Bajamba yang bisa ditawarkan bagi wisatawan yang ingin mencoba merasakan langsung.

"Sesungguhnya karena makan bajamba ini juga tidak tabu untuk dilaksanakan di mana saja ya, kalau ada wisatawan yang ingin mencoba paket makan bajamba kita bisa siapkan di suatu tempat. Bisa kita create untuk itu," tutup Efrianto. (fay/fay)

Comments