Baitulmaal Muamalat Salurkan Beasiswa untuk 300 Santri di 21 Pesantren di Pulau Jawa dan NTB

Nasional

News / Nasional

Baitulmaal Muamalat Salurkan Beasiswa untuk 300 Santri di 21 Pesantren di Pulau Jawa dan NTB

Baitulmaal Muamalat Salurkan Beasiswa untuk 300 Santri di 21 Pesantren di Pulau Jawa dan NTB

KEPONEWS.COM - Baitulmaal Muamalat Salurkan Beasiswa untuk 300 Santri di 21 Pesantren di Pulau Jawa dan NTB JAKARTA - Lembaga amil zakat nasional Baitulmaal Muamalat (BMM) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) Program Beasiswa Tahfizh Muamalat untuk 300 santri dari 21 pesan...
Loading...

JAKARTA - Lembaga amil zakat nasional Baitulmaal Muamalat (BMM) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) Program Beasiswa Tahfizh Muamalat untuk 300 santri dari 21 pesantren di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat.

Penandatanganan MoU Program Beasiswa Tahfizh Muamalat ini dilakukan oleh Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat Teten Kustiawan bersama perwakilan dari 21 pesantren di sela acara kegiatan donor darah dan santunan anak yatim bertajuk Mitra Matraman Peduli Sesama yang digelar di BMM Building di daerah Matraman, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Teten Kustiawan mengatakan, ke-300 santri dari 21 pesantren yang berpartisipasi di program ini merupakan hasil penyaringan dari sekitar 100 pesantren di Tanah Air yang mengajukan permohonan kerjasama beasiswa dari BMM.

"Kita mendata pesantren yang santrinya menjadi calon penerima beasiswa. Kita saring dari pesantren yang uang bulanan siswanya di bawah Rp 800 ribu per bulan untuk kemudian kita berikan beasiswa tahfizh," ungkap Teten Kustiawan.

Teten memaparkan, 300 santri penerima beasiswa tahfizh dari BMM ini merupakan angkatan pertama. Peserta dari pesantren di paling timur Indonesia berasal dari Lombok Tengah.

Lewat program beasiswa tahfizh ini BMM membiayai kebutuhan SPP siswa beserta uang saku bulanannya.

"Alhamdulillah dari program tahfizh pesantren ini kita juga memberikan bekal keterampilan untuk yang sudah selesai mengikuti programnya. Bila ada yang ingin masuk ke jalur ulama, kita berikan beasiswa sarjana. Di luar 21 pesantren ini kita juga jalin kerjasama dengan pesantren di Riau," ungkap Teten.

Untuk asesmen pesantren-pesantren yang berhak mendapatkan kerjasama beasiswa tahfiz dari BMM, pihaknya bekerja sama dengan cabang-cabang Bank Muamalat di daerah setempat. Proses asesmen berlangsung selama dua pekan dan pesantren yang bisa berpartisipasi di program ini disyaratkan sudah berdiri minimal 2 tahun.

"Kita mendapati temuan bahwa 50 persen pendaftar tahfiz ini merupakan anak anak dari keluarga kelas menengah ke atas," jelas Teten.

Mitsubishi Sebut Biaya Perawatan Xpander Lebih Murah Ketimbang New Avanza, Apa Saja Buktinya?

BMM merupakan lembaga amil zakat nasional yang didirikan oleh Bank Muamalat pada 16 Juni 2000. Lembaga ini merupakan pengelola zakat resmi yang ditunjuk pemerintah untuk menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) dari umat kepada para mustahik yang layak menerimanya.

Loading...
Baitulmaal Muamalat Salurkan Beasiswa untuk 300 Santri di 21 Pesantren di Pulau Jawa dan NTB

Comments