Bahaya Tuberkulosis karena Polusi Udara hingga Penularan di Transportasi Umum

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bahaya Tuberkulosis karena Polusi Udara hingga Penularan di Transportasi Umum

Bahaya Tuberkulosis karena Polusi Udara hingga Penularan di Transportasi Umum

KEPONEWS.COM - Bahaya Tuberkulosis karena Polusi Udara hingga Penularan di Transportasi Umum TINGGINYA polusi udara di Jakarta sangat mengkhawatirkan dampaknya buat sebagian orang. Khususnya bagi pasien tuberkulosis (TB), kondisi kesehatannya akan gampang menurun. Terlebih pasien tuberkulosis...
Loading...

TINGGINYA polusi udara di Jakarta sangat mengkhawatirkan dampaknya buat sebagian orang. Khususnya bagi pasien tuberkulosis (TB), kondisi kesehatannya akan gampang menurun.

Terlebih pasien tuberkulosis di DKI Jakarta dinilai tertinggi dari kota-kota lainnya. Sepanjang tahun 2018 saja pasien tuberkulosis sudah sebanyak lebih dari 37 ribu orang. Tingginya jumlah pasien tersebut tentu sangat mengkhawatirkan, ditambah lagi dengan tingginya polusi udara di Jakarta.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan dr Wiendra Waworuntu, MKes memaparkan, penyakit tuberkulosis sudah semenjak dulu ada, namun sulit dieliminasi. Apalagi di ibu kota pasiennya sangat banyak, karena kondisi lingkungan yang tidak sehat.

Tuberkulosis

"Kalau polusi lagi tinggi seperti di Jakarta, pasien tuberkulosis positif dan lagi aktif, tentu akan mudah menyebarkan droplet infection di tempat umum," ujar dr Wiendra dalam End tuberkulosis Youth Town Hall di JS Luwansa Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Di samping itu, sambung dr Wiendra, kondisi kesehatan pasien akan menurun drastis. Karena sistem kekebalan tubuhnya memburuk, sehingga polusi sangat memengaruhi pasien tuberkulosis.

Selanjutnya

Comments