Bahaya! Makanan Ini Ternyata Jadi Racun Jika Dihangatkan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bahaya! Makanan Ini Ternyata Jadi Racun Jika Dihangatkan

Bahaya! Makanan Ini Ternyata Jadi Racun Jika Dihangatkan

KEPONEWS.COM - Bahaya! Makanan Ini Ternyata Jadi Racun Jika Dihangatkan Jakarta, Sering kali kita ingin menghangatkan makanan ketika sudah dingin. Namun ternyata ada makanan yang justru membahayakan ketika dihangatkan.Jikalau memasak terlalu banyak dan tidak segera dimaka...
Jakarta, Sering kali kita ingin menghangatkan makanan ketika sudah dingin. Namun ternyata ada makanan yang justru membahayakan ketika dihangatkan.

Jikalau memasak terlalu banyak dan tidak segera dimakan, makanan akan menjadi dingin. Dan kalau sudah seperti ini, seringkali makanan jadi tidak enak. Kamu mungkin tergoda untuk menghangatkan kembali makanan yang sudah dingin.

Tapi hati-hati ya, karena ternyata ada beberapa makanan yang seharusnya tidak dipanaskan. Beberapa ahli nutrisi mengungkapkan dalam Women's Health bahwa beberapa makanan akan jadi beracun bagi tubuh bila dihangatkan kembali.

1. Jamur

Jamur memang enak jikalau dimakan saat masih kenyal dan hangat, entah itu dimasak tumis atau digoreng krispi. Tapi sebaiknya kamu tidak memanaskan kembali masakan berbahan jamur karena meski tinggi vitamin B dan protein, tapi vitamin akan hilang dan protein berubah jadi racun bila dimasak lagi. Lebih baik buang kalau tidak habis dimakan.

Jamur lebih baik dibuang jika tak dihabiskan Jamur lebih baik dibuang kalau tak dihabiskan Foto: thinkstock

2. Kentang

Kentang bisa jadi pengganti nasi saat diet, tapi sebaiknya tidak memanaskan kembali kentang yang matang karena bisa memicu tumbuhnya bakteri botulism yang menyebabkan sakit perut.

Kentang bisa jadi pengganti nasi, namun lebih baik dikonsumsi saat hangatKentang bisa jadi pengganti nasi, namun lebih baik dikonsumsi saat hangat Foto: iStock

Menurut Food Safety, setelah kentang matang, konsumsi selagi hangat, jangan dibiarkan hingga dingin dalam waktu lama. Hal ini juga berlaku untuk jenis umbi lain seperti buah beet, ubi dan singkong.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang tak boleh dihangatkan lagi setelah matang seperti misalnya bayam, kangkung, brokoli dan sawi.

Bayam dapat melepaskan nitrat jika dihangatkanBayam dapat melepaskan nitrat jikalau dihangatkan Foto: detikFood/iStock

Menurut ahli makanan, sayuran-sayuran ini akan melepaskan nitrat yang menyebabkan sayuran jadi beracun. Bahkan melepaskan senyawa karsinogenik yang memicu kanker. Jadi lebih baik langsung dimakan atau tidak dihangatkan jikalau sudah dingin.

(up/up)

Comments