Bahaya Anak Kecanduan Gadget, Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bahaya Anak Kecanduan Gadget, Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Bahaya Anak Kecanduan Gadget, Bisa Ganggu Kesehatan Mental

KEPONEWS.COM - Bahaya Anak Kecanduan Gadget, Bisa Ganggu Kesehatan Mental Perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat dan tak dapat dibendung lagi. Hal ini bisa ditandai dari kemunculan beragam platform sosmed, hingga semakin masifnya produksi smartphone atau gadget...

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat dan tak dapat dibendung lagi. Hal ini bisa ditandai dari kemunculan beragam platform sosmed, hingga semakin masifnya produksi smartphone atau gadget yang kini banyak dijual di pasaran.

Bila digunakan secara bijak, produk-produk teknologi tersebut sebetulnya dapat mendatangkan sejumlah manfaat bagi kehidupan manusia. Namun sebaliknya, bila tidak dikontrol atau digunakan dengan baik, kehadiran gadget justru dapat menggangu kesehatan mental, terutama pada kalangan anak-anak.

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Pakar Kids Ability Maximizer Rizqi Pirmansyah, dalam acara diskusi besutan desainer Nina Septiana, selaku Founder dari Nina Nugroho.

Rizqi mengatakan bahwa hasil riset yang dilakukan oleh pihaknya menunjukkan bahwa gadget menjadi masalah yang paling menonjol di kalangan para responden.

"Kita sudah melakukan riset, apa sih yang paling menyakitkan saat ini ? Dari banyaknya responden, hasilnya merupakan gadget," katanya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (27/2/2020).

Anak Main Gadget

Rizqi menambahkan, gadget memang mempunyai manfaat bagi para penggunanya, termasuk anak-anak. Namun pada sisi lain juga berdampak negatif yang cukup besar pada mereka.

Masalah yang ditimbulkan mencakup tidak optimalmya tumbuh kembang anak, anak menjadi tidak mempunyai daya kemampuan hidup ketika dewasa, hingga mengalami gangguan mental.

"Gadget di satu sisi memberikan dampak yang positif, tapi pada sisi lain membuat kita khawatir ke depannya. Gadget dapat menyebabkan anak sakit jiwa bahkan membunuh dalam sebuah kasus kita temukan. Dan itu menjadi kegelisahan," tegas Rizqi.

Kalau pun terpaksa memberikan gadget, Rizqi menyarankan tidak boleh lebih dari 2 jam dalam sehari. Bila lebih dari itu, maka dampak negatifnya yang akan lebih menonjol dibanding manfaatnya.

"Maksimal anak berusia 3 sampai 6 tahun itu memakai gadget 2 jam dalam sehari. Lebih dari itu syarafnya justru bisa bermasalah," tandasnya.

(hel)

Comments