Bahan Perendam Agar Daging Empuk dan Lezat, Salah Satunya Pakai Bir

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Bahan Perendam Agar Daging Empuk dan Lezat, Salah Satunya Pakai Bir

Bahan Perendam Agar Daging Empuk dan Lezat, Salah Satunya Pakai Bir

KEPONEWS.COM - Bahan Perendam Agar Daging Empuk dan Lezat, Salah Satunya Pakai Bir MUNGKIN kamu selalu mencoba banyak sekali macam cara untuk memasak ayam agar teksturnya empuk tepat. Coba tambahkan satu botol bir, diklaim bikin ayam panggang favoritmu jadi tambah lezat. Sulit perca...
Loading...

MUNGKIN kamu selalu mencoba banyak sekali macam cara untuk memasak ayam agar teksturnya empuk tepat. Coba tambahkan satu botol bir, diklaim bikin ayam panggang favoritmu jadi tambah lezat. Sulit percaya memang jikalau, bir yang biasa diminum ternyata bisa ditambahkan sebagai bahan tambahan untuk masak ayam. Selain itu, cita rasanya juga akan berbeda dan lebih legit.

"Cara memasak ayam dengan bir yang tepat yaitu saat botol bir baru dibuka, lalu disiramkan ke ayam yang sudah dibumbui sampai meresap. Aroma uapnya wangi, menggugah selera," ujar bintang Food Network Iron Chef Michael Symon.

Chef Symon pun langsung membeberkan resep rahasia masak ayam pakai bir. Berikut resepnya seperti dilansir Okezone dari Foxnews, Senin (6/5/2018).

Bahan:

1 1/2 sdm bawang putih bubuk

1 1/2 sdm oregano kering

1 sdm biji ketumbar, panggang dan digiling

1 sdm paprika bubuk

1/2 sdt garam

1 1/2 sdt lada hitam

1 buah lemon, dibelah dua

1 ekor ayam utuh

1 botol kecil bir

Cara membuat:

Langkah 1: Menyiapkan ayam

Bersihkan ayam utuh dengan air mengalir sampai kesat. Lalu siap dibumbui dengan campuran garam, bawang putih bubuk, oregano, ketumbar, paprika bubuk dan merica. Peras bagian lemon di seluruh bagian dalam dan luar ayam.

Bumbui ayam di bagian dalam dan luar dengan campuran rempah-rempah. Dinginkan dalam lemari es, setidaknya selama 3 jam. Tutup wadahnya agar bumbu cepat meresap dan aromanya harum.

Langkah 2: Panaskan panggangan

Siapkan panggangan untuk dipanaskan di atas api kalau agar panasnya merata. Jikalau kamu ingin memanggang di atas panggangan arang, nyalakan dengan api sampai merata.

Langkah 3: Tambahkan bir

Pilih bir favoritmu dan tuang sepertiga bagian botol di seluruh bagian ayam yang sudah dibumbui. Lalu, olesi dengan minyak zaitun. Sebagai opsi penggantinya, kamu bisa pakai air soda.

Langkah 4. Pindahkan ayam ke panggangan

Posisikan ayam dengan benar agar matang tepat. Tutup dan masak sampai ayam mencapai suhu 71 derajat Celcius, selama sekira 45 menit.

Jikalau Kamu memakai arang, Kamu mungkin perlu menambahkan lebih banyak untuk mempertahankan panasnya.

Langkah 5: Angkat ayam dari panggangan

Setelah ayam matang sepenuhnya, keluarkan dengan hati-hati dari panggangan.

Ambil ayam memakai penjepit dan geser spatula yang lebar dan kuat. Pindahkan ayam ke talenan dalam posisi tegak dengan aluminium foil. Diamkan selama 10 menit sampai uap panas hilang. Sajikan segera!

(ren)

Comments