Backpacking Bagus untuk Pengembangan Diri

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Backpacking Bagus untuk Pengembangan Diri

Backpacking Bagus untuk Pengembangan Diri

KEPONEWS.COM - Backpacking Bagus untuk Pengembangan Diri Backpacking sudah menjadi fenomena yang dilakukan banyak orang. Berlibur selama beberapa bulan sambiil meninggalkan sekolah atau pekerjaan yang sudah ada. Apakah kegiatan ini hanya membuang-buang wakt...

Backpacking sudah menjadi fenomena yang dilakukan banyak orang. Berlibur selama beberapa bulan sambiil meninggalkan sekolah atau pekerjaan yang sudah ada.

Apakah kegiatan ini hanya membuang-buang waktu dan uang saja, ataukah ini ada gunanya bagi pengembangann pribadi?

Sam Huang, seorang profesor bidang pariwisata di Universitas Edith Cowan di Perth, mulai meneliti dampak backpacker-an pada individu dan juga meneliti apakah prasangka tersebut benar-benar berlaku.

Apakah gagasan bahwa backpacker-an hanya melulu soal keluar dari rutinitas kerja dan memandang sepele terhadap manfaatnya ternyata amat jauh dari kenyataan.

"Kalau kami tidak mempelajari kelompok ini, orang-orang hanya akan mengatakan mereka pergi untuk bersenang-senang, untuk kesenangan," kata Profesor Huang.

"Tapi backpacker-an mungkin lebih dari itu."

Professor Sam Huang Professor Sam Huang dan koleganya meneliti bagaimana backpacking mempengaruhi pengembangan diri seseorang.

ABC Radio Perth: Emma Wynne

Bersama dengan rekan-rekan akademis di China, Profesor Huang mengamati 472 backpacker dari Australia, Amerika, Eropa dan China wacana bagaimana kegiatan backpacker-an mengubah harga diri dan kapasitas mereka untuk memecahkan masalah.

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa mengambil waktu berlibur dari kerja untuk bepergian bisa menjadi latihan yang berharga dalam pengembangan pribadi.

"Ini tidak begitu menyenangkan, bila Anda pergi, Anda harus menghadapi semua kesulitan berada di negara yang berbeda," kata Profesor Huang.

"Itu tidak mudah. Secara fisik dan emosional menantang."

"Ini bukan buang-buang waktu"

Dari 242 orang Barat yang berpartisipasi dalam penelitian ini, 91 persen percaya kemampuan mereka untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah telah membaik melalui kegiatan backpacker-an, 80 persen mengatakan pengalaman itu telah meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan hanya lebih dari 60 persen melaporkan bahwa mereka telah meningkatkan kemampuan mereka untuk mengatur waktu dan uang.

"Kami percaya bahwa ketika orang melakukan perjalanan ke banyak sekali belahan dunia, terutama ketika mereka bepergian di luar zona kenyamanan budaya mereka, mereka akan melihat sesuatu yang berbeda dan itu akan memberi mereka perspektif yang berbeda," kata Profesor Huang.

"Ini bukan buang-buang waktu, itu buang-buang uang, itu investasi yang berharga ... karena Anda dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan meningkatkan efisiensi diri Anda, yang penting di tempat kerja Anda.

"Dan Anda meningkatkan harga diri Anda yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mental Anda."

Bec Brewin di padang garam Bolivia Bec Brewin di padang garam terkenal di Bolivia.

Supplied: Bec Brewin

Pada Mei 2015, setelah 12 bulan menabung sebanyak yang dia bisa, Rebecca Brewin mengundurkan diri dari pekerjaannya yang aman di daerah Australia, menjual semua harta miliknya dan memulai perjalanan backpacker-an selama 16 bulan mengelilingi Amerika dan Eropa.

"Saya benar-benar merasa bepergian, itu membantu saya berada dalam situasi yang sulit dan mendapatkan diri Anda keluar dari itu," katanya wacana pengalaman itu.

"Ketika Anda berada di negara lain dan Anda tidak berbicara bahasa setempat dan bus yang Anda andalkan tidak muncul, Anda harus mencari tahu, kalau tidak Anda benar-benar terjebak di tempat itu.

"Ini membantu Anda membuat keputusan dengan cepat, pasti."

Lebih baik dari kebanyakan pernikahan

Rebecca Brewin tentu saja setuju bahwa bepergian membantunya bisa mengelola uang dengan hati-hati dan membuatnya lebih mandiri.

"Menghasilkan sekitar $ 35.000 atau setara Rp 371 juta dalam 16 bulan terakhir merupakan tantangan tetapi benar-benar bisa dilakukan," katanya.

"Kami benar-benar tidak boros, lebih banyak berkemah dan tinggal di kamar hostel, tapi saya tidak merasa seperti saya melewatkan suatu pengalaman apapun di mana pun.

"Saya masih sempat bersnorkeling dengan kura-kura di Belize dan pergi ke pertunjukkan di New York.

"Sekarang ketika saya melihat seseorang menghabiskan $ 35.000 (Rp371 juta) pada hari pernikahan, saya pikir, saya bisa menghabiskan uang sebesar itu selama bulan - itu merupakan manfaat yang jauh lebih besar bagi kehidupan saya secara keseluruhan."

ber-Snorkelling di Albania Rebecca dan pasangannya ber-snorkelling di Albania selama perjalanan selama 16 bulan.

Supplied: Bec Brewin

Sementara pergulatan mengerikan pada suatu malam saat berjalan sendirian di Kolombia dan perjalanan mengerikan meniti sebatang kayu di sisi gunung berapi yang tidak aktif di Nikaragua jauh dari pengalaman menyenangkan, tapi mereka memberikan banyak perspektif.

"Sekarang ketika saya melakukan tugas administratif, sepertinya tidak ada tantangan seperti ketika saya mencoba menerjemahkan laporan polisi Spanyol," kata Bu Brewin.

Kembali untuk tinggal di Melbourne tanpa pekerjaan, harta benda, dan sedikit tabungan ialah sesuatu yang menakutkan, dan pikiran untuk memiliki jeda karier yang panjang merupakan sesuatu yang ia khawatirkan.

"Saya tentu saja khawatir dalam mendapatkan pekerjaan lagi ketika saya kembali, tetapi kemudian saya berpikir mungkin pekerjaan pertama saya tidak akan menjadi pekerjaan impian tetapi saya bersedia bekerja di suatu tempat untuk mendapatkan pengalaman itu lagi," katanya.

"Tidak lama setelah saya kembali dan saya mulai bekerja lagi dan saya menyadari - saya kira saya memilih untuk melakukan perjalanan lebih dari menabung untuk membayar deposit rumah.

"Pada saat itu tidak terasa seperti saya memilih satu hal di atas yang lain, tetapi saya pasti tidak di mana saya akan berada dalam tabungan saya kalau saya tidak pergi."

Backpacker-an dan panjang umur

Menurut Profesor Huang pengusaha harus melihat orang-orang yang telah mengambil waktu untuk bepergian secara positif.

"Jikalau Anda mendapatkan keterampilan hidup seperti itu, itu pasti akan menguntungkan tempat kerja bila orang memiliki keterampilan seperti itu.

"Kalau Anda bisa mengelola diri sendiri, Anda pasti bisa mengelola diri anda di tempat kerja."

Dia berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut wacana backpacking dan berpikir mengenai manfaat backpacking terhadap usia yang panjang.

"Jikalau orang menjadi lebih percaya diri dan mereka dapat menikmati hidup mereka, maka mereka memiliki semua keterampilan hidup yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang bahagia, sehingga kita dapat menghemat biaya sosial kita nantinya.

"Ini merupakan keuntungan pribadi dan itu juga merupakan keuntungan sosial."

Bagi Rebecca Brewin, perjalanan itu mengubah hidupnya dan dia tidak menyesal, apalagi sekarang dia kembali menghabiskan hari-harinya di kantor.

"Aku merindukannya, aku benar-benar kangen melakukan perjalanan." Bekerja dari pukul sembilan sampai pukul lima sore terang tidak sama, tapi aku benar-benar bersyukur atas pengalaman itu.

"Aku tahu aku akan terus menantikan kesempatan untuk melakukan kembali perjalanan seperti itu sepanjang umurku."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

Comments