Azithromycin Disebut Bisa Obati Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Azithromycin Disebut Bisa Obati Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

Azithromycin Disebut Bisa Obati Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

KEPONEWS.COM - Azithromycin Disebut Bisa Obati Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Dokter KASUS covid-19 di Indonesia meningkat selama beberapa pekan terakhir. Hal ini diduga dipicu pergerakan masyarakat yang tinggi saat momen liburan kemarin. Alhasil, banyak orang dinyatakan positif terin...

KASUS covid-19 di Indonesia meningkat selama beberapa pekan terakhir. Hal ini diduga dipicu pergerakan masyarakat yang tinggi saat momen liburan kemarin. Alhasil, banyak orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Mereka pun memutuskan melakukan isolasi mandiri di rumah karena banyak rumah sakit penuh karena lonjakan pasien.

Tidak sedikit masyarakat yang dinyatakan positif covid-19 dan melakukan isolasi mandiri memakai sejumlah obat yang disebut dapat membantu penyembuhan penyakitnya. Salah satunya ialah penggunaan obat-obatan yang mengandung azithromycin. Namun, apakah obat ini efektif untuk menyembuhkan covid-19?

6 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Masalah Kulit Lho

Dokter Relawan Covid-19 Muhamad Fajri Adda'i memaparkan bahwa azithromycin merupakan golongan antibiotik. Bahkan menurut literatur yang menjadi bahan referensinya, dr Fajri mengatakan bahwa azithromycin jelas tidak berefek untuk membunuh virus corona meski kerap diberikan kepada pasien pneumonia.

Pasien covid-19. (Foto: Shutterstock)

"Tidak ada bukti yang kuat wacana pemberian azithromycin untuk membunuh virus covid-19. Azithromycin digunakan untuk pasien yang infeksi ringan sampai sedang pada infeksi atau kuman dan bakteri yang peka terhadap antibiotik ini," terang dr Fajri saat dihubungi MNC Portal, Rabu (13/1/2021).

Lewat COVAX-AMC EG, Indonesia Bakal Pimpin Distribusi Vaksin ke Negara Berkembang

Dokter Fajri juga memaparkan beberapa penyakit yang bisa disembuhkan memakai azithromycin, di antaranya merupakan tonsilitis, faringitis, ISPA, bakteri akut, penyakit PPOK (paru obstruktif klinis) yang banyak diderita oleh para perokok serta pneumonia komunitas.

Comments