Ayo traveling! 6 Festival ini bikin kamu betah di Banyuwangi

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ayo traveling! 6 Festival ini bikin kamu betah di Banyuwangi

Ayo traveling! 6 Festival ini bikin kamu betah di Banyuwangi

KEPONEWS.COM - Ayo traveling! 6 Festival ini bikin kamu betah di Banyuwangi Banyuwangi terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa. Kultur masyarakatnya juga ramah dengan wisatawan dan mempunyai beragam atraksi wisata. Nah, khusus untuk kamu traveler, Pemkab Banyuwangi men...
Loading...

Banyuwangi terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa. Kultur masyarakatnya juga ramah dengan wisatawan dan mempunyai beragam atraksi wisata. Nah, khusus untuk kamu traveler, Pemkab Banyuwangi mengadakan 6 festival menarik selama bulan Maret 2019 ini.

Traveling ke Banyuwangi memang tak bisa dipisahkan dari kawah Ijen yang memesona. Tapi ada juga aktivitas lain yang tak kalah menarik. Selain pesona alam, kamu juga bisa mempelajari uniknya budaya Banyuwangi.

Deretan festival ini sangat beragam lho, Sobat. Dari Festival Arsitektur sampai Half Marathon ada di sini. Kamu yang suka dengan teknologi juga bakal tertarik dengan even Hackaton yang asyik. Pesona tradisi bumi Blambangan ini juga dihadirkan lewat deretan festival ini lho.

Total ada 6 festival yang harus kamu pantau. Dari foodie, petualang, pengagum arsitektur, dan lain-lain bakal terpuaskan di Banyuwangi. Dilansir dari Merdeka, Rabu (6/3) yuk kita simak.

1. Festival Arsitektur Nusantara.

Even ini cocok bagi kamu yang suka dengan kemegahan Banyuwangi. Festival ini sendirinya akan diadakan pada 14-15 Maret nanti. Peserta akan diajak untuk mengikuti lokakarya dan mengunjungi ruang publik, destinasi wisata yang didesain oleh banyak sekali arsitek kondang.

"Delapan tahun terakhir Banyuwangi membangun daerahnya dengan pendekatan arsitektur yang berkonsep jelas. Banyak sekali lansekap dan bangunan publik, mulai bandara sampai lembaga kesehatan dibangun dengan konsep arsitektur khas lokal. Dan kami ingin menyebarkan konsep pembangunan ini dengan pihak dan daerah lain, salah satunya dengan menggelar event ini," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

2. Young Entrepreneurs Festival.

Wirausaha juga mendapatkan tempat di Banyuwangi. Festival ini nantinya akan diselenggarakan pada 20-21 Maret nanti. Para pengusaha muda akan saling belajar lewat mentoring, kuliah inspiratif, workshop, peluang kerja sama dan investasi. Lokasinya sendiri akan diadakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sayu Wiwit, depan kantor Pemkab Banyuwangi.

3. Hackaton 1.0.

Kamu yang suka teknologi nggak boleh melewatkan festival yang satu ini. Hackaton 1.0 yang dilaksanakan pada 29-30 Maret ini merupakan ajang kompetisi untuk menggali ide memacu kinerja UMKM dan pariwisata dengan menggandeng startup teknologi ritel mikro Warung Pintar.

"Hackathon Pintar 1.0 mengusung spirit pariwisata dan UMKM pintar. Kami mengajak anak muda se-Indonesia untuk membawa perubahan dengan bersama-sama mencari solusi bagi permasalahan UMKM dan pariwisata di Banyuwangi," kata Anas.

4. Festival Juragan Pintar.

Festival yang diadakan pada 30 Maret ini jadi ajang pertemuan para pemilik Warung Pintar dari banyak sekali daerah. Warung Pintar sendiri ialah platform terintegrasi untuk warung-warung tradisional. "Di Banyuwangi, Warung Pintar telah bermitra dengan warga untuk meningkatkan daya saing warung-warung rakyat," jelas Anas.

5. Festival Lembah Ijen.

Untuk kamu yang ingin melirik budaya Banyuwangi, festival Lembah Ijen tempatnya. Rajin dilakukan tiap bulan, kamu bisa memahami secara langsung budaya bumi Blambangan. Cocok banget deh bagi kamu yang ingin refreshing di Banyuwangi.

"Atraksi seni ini merupakan show rajin bulanan yang digelar di Taman Gandrung Terakota, Kecamatan Licin. Para wisatawan bisa menyaksikan sendratari Gandrung di sebuah daerah resort yang sejuk yang letaknya di kaki Gunung Ijen," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda.

6. Mandiri Banyuwangi Half Marathon.

Even Marathon ini cocok untuk kamu yang suka tantangan. Kompetisi lari ini sendiri akan diadakan pada 31 Maret. Pelari akan diajak menyusuri lansekap kota dan landmark Banyuwangi. Pemandangan Gunung Ijen dan semilir perairan Selat Bali akan membuatmu semakin terpesona. Ajang ini sendiri ada tiga kategori adalah half marathon 21 km, jarak 10km, dan jarak 5 km.

Recommended By Editor Ayo traveling! 6 Festival ini bikin kamu betah di Banyuwangi

Comments