Ayam Tangkap Hingga Sambal Ganja, Ini Daftar Kuliner Aceh Lengkap Lainnya!

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Ayam Tangkap Hingga Sambal Ganja, Ini Daftar Kuliner Aceh Lengkap Lainnya!

Ayam Tangkap Hingga Sambal Ganja, Ini Daftar Kuliner Aceh Lengkap Lainnya!

KEPONEWS.COM - Ayam Tangkap Hingga Sambal Ganja, Ini Daftar Kuliner Aceh Lengkap Lainnya! Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau Aceh mempunyai ragam masakan yang bisa menggugah selera. Aceh dikenal dengan menu-menu andalan yang mempunyai citarasa penuh rempah, yang membuat Aceh tak hanya...

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau Aceh mempunyai ragam masakan yang bisa menggugah selera.

Aceh dikenal dengan menu-menu andalan yang mempunyai citarasa penuh rempah, yang membuat Aceh tak hanya dikenal dengan wisata alam dan budaya saja, tetapi juga wisata masakan.

Dikutip Suara dari Antara, Minggu (4/4), berikut ini merupakan deretan masakan Aceh yang bisa kamu coba saat menyambangi Serambi Mekkah atau saat ke kedai masakan Aceh di kotamu!

1. Mie Aceh
Salah satu ikon makanan khas Aceh yang paling tersohor merupakan Mie Aceh. Menu ini sudah bisa ditemukan di banyak kota di Indonesia.

Mendedah Nikmatnya Kuah Beulangong, Hidangan Maulid Nabi Khas Tanah Rencong

Di Aceh, kedai Mie Aceh mudah sekali ditemukan layaknya kedai kopi. Mie Aceh terdiri dari mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut seperti udang, kepiting, atau cumi.

Mie AcehMie Aceh

Mie disajikan dalam sup seperti kari yang rasanya gurih dan pedas. Mie Aceh disajikan dalam tiga jenis varian, yaitu goreng (kering), tumis (dengan sedikit kuah) dan rebus (dengan kuah).

Mie Aceh semakin terasa sedap dengan taburan bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, timun, dan jeruk nipis.

2. Sate Matang
Aceh mempunyai sate khas yaitu Sate Matang. Sate ini dikatakan berasal dari daerah Matang, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Sesuai namanya, sate yang memakai daging kambing atau sapi ini disajikan matang, setelah diungkep dengan bumbu khas sebelum kemudian dibakar. Sate Matang yang mempunyai rasa pedas yang mayoritas ini semakin lengkap dengan kehadiran nasi putih dan kuah soto yang gurih.

3. Kuah Beulangong
Kuah Beulangong merupakan masakan khas Aceh Besar, yang biasanya muncul di kenduri (perjamuan makan untuk memperingati peristiwa, meminta berkah, dan lainnya) seperti pesta pernikahan, perayaan Maulid Nabi Muhammad, dan sebagainya.

Angkat Wisata Bawah Laut, Sabang Diving Festival 2019 Dihelat Kembali

Masakan ini berbahan dasar daging kambing atau daging sapi yang dimasak dengan belangan dan juga sayur nangka atau batang pisang. Bahan-bahan dan bumbu dimasak di sebuah kuali besar, dan hanya boleh dimasak oleh laki-laki sesuai dengan tradisi turun temurun.

Comments