Awas! Ubur-Ubur Blue Bottle Muncul di Pantai Sanur, Ini Bahayanya jika Tersengat

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Awas! Ubur-Ubur Blue Bottle Muncul di Pantai Sanur, Ini Bahayanya jika Tersengat

Awas! Ubur-Ubur Blue Bottle Muncul di Pantai Sanur, Ini Bahayanya jika Tersengat

KEPONEWS.COM - Awas! Ubur-Ubur Blue Bottle Muncul di Pantai Sanur, Ini Bahayanya jika Tersengat BELUM lama ini muncul ubur-ubur beracun jenis Blue Bottle di daerah Pantai Sanur, Bali. Hal itu lantas jadi perhatian serius Pemerintah Kota Denpasar. Salah satunya mengambil tindakan bersih-bersih pa...

BELUM lama ini muncul ubur-ubur beracun jenis Blue Bottle di daerah Pantai Sanur, Bali. Hal itu lantas jadi perhatian serius Pemerintah Kota Denpasar. Salah satunya mengambil tindakan bersih-bersih pantai dengan menghilangkan ubur-ubur Blue Bottle tersebut.

Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa memaparkan, kehadiran ubur-ubur Blue Bottle ini sebenarnya fenomena tahunan. Ubur-ubur ini biasanya berada di laut dalam dibawa angin menuju tepi pantai karena hembusan angin kencang.

"Ini merupakan fenomena alam, di mana dengan angin kencang ubur-ubur jenis ini dibawa ke tepi pantai. Kami bersama nelayan dan semua pihak sudah berkoordinasi, agar nanti kalau ditemukan di daerah Pantai Sanur dapat langsung dibersihkan," kata Ida Bagus Mayun Suryawangsa, melansir portal resmi Pemerintah Kota Denpasar.

Meski demikian, Ida Bagus tetap mengimbau pengunjung untuk berhati-hati agar tidak tersengat ubur-ubur Blue Bottle.

Di samping itu, ada pula bahaya lain bila tubuh kita tersengat ubur-ubur Blue Bottle beserta cara penanganannya. Berikut bahayanya kalau tersengat ubur-ubur Blue Bottle sebagaimana dirangkum dari WebMD;

Ubur-Ubur Blue Bottle

(Foto: Australian Muesum)

Bahaya tersengat ubur-ubur Blue Bottle

Blue Bottle memakai tentakelnya untuk menangkap, menyengat dan membunuh mangsanya. Racun yang digunakannya merupakan campuran fenol dan protein yang mematikan bagi mangsanya, namun tidak bagi manusia.

Ketika sengatan Blue Bottle mengenai kulit kita, maka kita akan merasakan sakit yang hebat. Rasa sakit ini akan bertambah kalau tentakelnya bergerak di sekitar tubuh atau area yang tersengat disentuh.

Rasa sakitnya akan berlangsung berjam-jam atau menit, tergantung pada keadaan tubuh manusia yang tersengat masing-masing. Selain rasa nyeri, kulit yang tersengat Blue Bottle akan mengalami reaksi peradangan pada kulit, biasanya berbentuk garis.

Perlu diketahui untuk meningkatkan kewaspadaan, rasa sakit karena sengatan akan semakin parah ketika mengenai anak kecil, orangtua, atau orang yang mempunyai reaksi alergi terhadap protein atau fenol.

Follow Gosip Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments