Awas, Sering Haus Malam Hari Bisa Pertanda Penyakit

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Awas, Sering Haus Malam Hari Bisa Pertanda Penyakit

Awas, Sering Haus Malam Hari Bisa Pertanda Penyakit

KEPONEWS.COM - Awas, Sering Haus Malam Hari Bisa Pertanda Penyakit MEMANG rasa haus bisa datang kapan saja, termasuk di tengah malam. Ketika muncul rasa haus di malam hari, tentu saja Kamu akan otomatis bangun dan mencari minum. Sekali atau dua kali mungkin hal yang...

MEMANG rasa haus bisa datang kapan saja, termasuk di tengah malam. Ketika muncul rasa haus di malam hari, tentu saja Kamu akan otomatis bangun dan mencari minum. Sekali atau dua kali mungkin hal yang normal. Namun, bagaimana kalau Kamu sering haus di malam hari? Apakah ada masalah serius yang menyebabkan hal ini?

Kenapa saya sering haus di malam hari?

(Wanita Tidak Peduli dengan Kualitas Vagina-nya Sendiri?)

(Berkunjung ke Kantor Suami, Maia Estianty Tetap Elegan dengan Busana Serba Putih)

Hal yang paling umum dari munculnya rasa haus di malam hari ialah dehidrasi. Kamu bisa jadi kurang minum sebelum tidur, sehingga tubuh menagih kekurangan tersebut ketika di tengah Kamu terlelap.

Tak cuma itu, keringat yang keluar sebelum dan saat tidur juga menjadi penyebab mengapa Kamu suka haus di malam hari. Gejala demam pun, juga membuat Kamu terbangun dan ingin segera mencari minum di malam hari.

Sementara, bila Kamu penyuka makanan pedas dan asin, hal ini juga dapat mengakibatkan rasa haus muncul di malam hari. Apalagi jikalau Kamu mengonsumsi makanan tersebut sesaat sebelum tidur, biasanya tenggorokan akan terasa kering dan butuh air.

Selain beberapa pemicu ini, rasa haus di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya penyakit.

Xerostomia

Bisa juga seseorang mengalami haus dan mulut kering karena terjadinya xerostomia. Xerostomia merupakan kondisi saat kelenjar ludah di mulut tidak memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah.

Mulut kering ini bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, masalah penuaan, atau efek dari terapi radiasi untuk kanker.

Diabetes melitus

Haus yang berlebihan, baik di malam hari sebelum tidur maupun di pagi hari, juga bisa disebabkan oleh gula darah tinggi atau hiperglikemia. Rasa haus yang sering muncul atau disebut dengan polidipsia ialah salah satu gejala dari orang yang mengalami diabetes jenis tipe 2.

Diabetes insipidus

Selain itu, haus berlebihan di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya diabetes insipidus. Diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak dapat mengatur cairan dengan benar. Ini menyebabkan ketidakseimbangan air dalam tubuh, sehingga orang jadi sering buang air kecil dan haus berlebihan.

Apa yang sebaiknya diminum saat malam hari?

Air putih

Minuman yang paling penting diminum saat menjelang tidur ialah air putih. Air putih bebas akan gula sehingga aman untuk gigi menjelang tidur, dan aman juga terhadap penambahan kalori dalam tubuh.

Air putih bebas akan gula sehingga tidak akan meningkatkan jumlah kalori yang masuk dan air putih tidak menambah kotor gigi menjelang tidur.

Susu hangat

Susu mengandung banyak asam amino khususnya asam amino triptofan. Triptofan ini ialah asam amino yang memberikan efek mengantuk lebih cepat.

Di dalam tubuh triptofan yang akan diubah menjadi hormon alami adalah melatonin. Melatonin ini yang akan membantu menjaga siklus tidur tetap terjaga.

Air kelapa murni

Air kelapa murni bisa jadi pilihan daftar minuman malam hari Kamu saat sedang kehausan. Bukan hanya pelepas dahaga yang baik, air kelapa juga mengandung banyak mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Contohnya seperti magnesium dan natrium, Kedua mineral ini membantu mengendurkan otot sehingga membuat Kamu tidur lebih baik. Air kelapa juga penuh vitamin B yang dikenal dapat membantu menurunkan stres.

(ndr)

Comments