Awas Jangan Salah Beli, Ini 4 Jamur yang Lezat Jadi Masakan

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Awas Jangan Salah Beli, Ini 4 Jamur yang Lezat Jadi Masakan

Awas Jangan Salah Beli, Ini 4 Jamur yang Lezat Jadi Masakan

KEPONEWS.COM - Awas Jangan Salah Beli, Ini 4 Jamur yang Lezat Jadi Masakan MESKI sudah banyak olahan jamur yang terbukti lezat, ternyata tidak semua jenis jamur dapat dikonsumsi. Kalau tidak hati-hati dalam memilih, Anda bisa keracunan ketika menyantapnya.Dikutip dari buku R...

MESKI sudah banyak olahan jamur yang terbukti lezat, ternyata tidak semua jenis jamur dapat dikonsumsi. Kalau tidak hati-hati dalam memilih, Anda bisa keracunan ketika menyantapnya.

Dikutip dari buku Resep Masakan Jamur dari Chef Ternama, karya Mastur Suwito, Kamis (23/2/2017), berikut beberapa jenis jamur yang layak konsumsi dan dapat diolah menjadi banyak sekali hidangan lezat.

Jamur shiitake

Jamur shiitake merupakan salah satu jamur konsumsi yang paling mudah dibudidayakan. Di China, jamur ini disebut dengan nama hioko. Jamur shiitake biasanya dijual dalam keadaan segar kering. Kalau Anda memilih membeli jamur shiitake kering, Anda harus merendamnya terlebih dahulu sampai mekar sebelum mengolahnya. Dalam keadaan segar, jamur ini memiliki aroma yang khas. Tak heran jikalau banyak yang membeli jamur shiitake segar.

Jamur kuping

Sesuai dengan namanya, bentuk jamur kuping sangat mirip dengan daun indera pendengaran. Jamur ini memiliki tekstur yang sangat kenyal ketika digigit. Jamur kuping lebih umum dijual dalam keadaan kering karena dapat disimpan hingga berbulan-bulan. Biasanya, jamur kuping dimasak dengan mengombinasikan bumbu rempah-rempah atau dijadikan sebagai bahan campuran sup.

Jamur tiram

Jamur ini merupakan jenis jamur kayu yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jamur lainnya. Setiap 100 gram berat kering jamur tiram, mengandung 10,5 protein, 1,7 lemak, dan 56,6 persen karbohidrat. Jamur tiram biasa digunakan untuk membuat sup, salad dan pepes. Bisa juga diolah menjadi makanan kering seperti keripik dan kerupuk.

Jamur merang

Di pasaran, jamur ini lebih mudah ditemukan dibandingkan jenis jamur lainnya. Jamur merang mengandung banyak protein kasar dan karbohidrat bebas nitrogen. Selain itu, kadar lemaknya pun terbilang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet.

Awas Jangan Salah Beli, Ini 4 Jamur yang Lezat Jadi Masakan

Comments