Awas, Ini Bahayanya Anak Main Gadget Sebelum Tidur!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Awas, Ini Bahayanya Anak Main Gadget Sebelum Tidur!

Awas, Ini Bahayanya Anak Main Gadget Sebelum Tidur!

KEPONEWS.COM - Awas, Ini Bahayanya Anak Main Gadget Sebelum Tidur! Jikalau Kamu ialah salah satu dari orang tua yang berusaha membujuk anak-anak Kamu ketika mereka marah dengan memberikan ponsel, maka ini akan menjadi masalah besar pada anak Kamu. Dalam tren yang sem...

Jikalau Kamu ialah salah satu dari orang tua yang berusaha membujuk anak-anak Kamu ketika mereka marah dengan memberikan ponsel, maka ini akan menjadi masalah besar pada anak Kamu.

Dalam tren yang semakin populer, orang tua terlihat memberikan smartphone kepada anak-anak mereka untuk mengalihkan perhatian mereka saat mereka menyelesaikan pekerjaan mereka.

Meskipun ada banyak penelitian yang sudah menunjukkan efek samping dari memakai smartphone di tempat tidur, orang-orang masih sibuk memakai gadgetnya sebelum tidur.

Padahal, kebiasaan ini akan mengganggu tidur Kamu, dan membuat kurang tidur, dan bangun dengan perasaan tidak nyaman. Hal ini juga terjadi pada anak Kamu bila mereka memakai ponsel sebelum tidur.

Jadi, jikalau anak-anak Kamu terlihat sedikit pusing dan kurang tidur sepanjang hari, Kamu perlu secara serius memonitor screentime mereka.

Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics, memakai smartphone, tepat sebelum tidur ialah penyebab utama gangguan tidur pada anak-anak. Alasan di balik hal yang sama sebenarnya merupakan sulitnya otak berkembang.

anak main gadget

Karena otak anak masih dalam tahap pengembangan, paparan cahaya biru yang dihasilkan oleh smartphone dan banyak sekali gadget lainnya mengganggu jam tubuh internalnya. Faktor penting lain yang perlu diingat merupakan murid yang lebih besar dari anak-anak, yang membuat mereka lebih rentan terhadap kepekaan cahaya. Dua faktor ini dalam kombinasi mendatangkan malapetaka pada tingkat melatonin anak Kamu.

Melatonin ialah hormon yang mengatur siklus tidur dalam tubuh kita. Ketika sejumlah besar cahaya terdeteksi oleh retina, kadar melatonin turun. Jadi, Kamu dapat membayangkan bagaimana mengekspos anak-anak Kamu ke cahaya biru yang ditakuti - yang dipancarkan oleh layar smartphone - dapat secara drastis menghambat rutinitas waktu malam mereka.

Pertama dan terutama, Kamu perlu memastikan bahwa Kamu tidak membiarkan anak-anak Kamu bermain (atau menonton video) di telepon pintar dalam waktu lama. Sebagai gantinya, dorong kebiasaan membaca yang teratur dan waktu bermain gratis untuk kesehatan mereka yang lebih baik.

Kedua, lepaskan telepon sebelum tidur. Penting juga bahwa Kamu tidak menyimpan telepon di ruangan yang sama, tempat anak-anak Kamu tidur. Penelitian yang sama telah menunjukkan bahwa anak-anak yang meninggalkan telepon mereka di kamar mereka menghadapi lebih banyak gangguan tidur.

Sederhananya, smartphone dan laptop tidak hanya memengaruhi tidur Kamu, tetapi juga anak-anak Kamu. Buatlah titik untuk menjauhkan ponsel dari anak setidaknya 2 jam sebelum tidur. Yang terpenting, luangkan waktu sejenak di Netflix larut malam dan sesi santai jikalau Kamu ingin memberikan contoh yang baik untuk anak-anak Kamu.

(hel)

Comments