Awas, Eksploitasi Android Baru Bisa Ambil Alih Perangkat Anda

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Awas, Eksploitasi Android Baru Bisa Ambil Alih Perangkat Anda

Awas, Eksploitasi Android Baru Bisa Ambil Alih Perangkat Anda

KEPONEWS.COM - Awas, Eksploitasi Android Baru Bisa Ambil Alih Perangkat Anda CALIFORNIA - Serangan vektor baru yang memengaruhi Android hingga versi 7.1.2 membuat smartphone rentan terhadap clickjacking, perekaman keystroke, dan banyak lagi.Sekira dua tahun lalu, Google dan ju...

CALIFORNIA - Serangan vektor baru yang memengaruhi Android hingga versi 7.1.2 membuat smartphone rentan terhadap clickjacking, perekaman keystroke, dan banyak lagi.

Sekira dua tahun lalu, Google dan juga OEM Android mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan patch keamanan bulanan untuk perangkat Android mereka, menyusul penemuan bug Android oleh periset.

BERITA REKOMENDASI

Meski keamanan Android sebagai sistem operasi telah meningkat drastis semenjak ketika itu, tak berarti ia benar-benar terlindungi dari malware. Sebuah tim peneliti dari Georgia Institute of Technology, Yanick Fratantonio, Chenxiong Qian, Simon Pak Ho Chung, dan Wenke Lee menemukan sebuah eksploit baru yang disebut Cloak & Dagger, yang menempatkan perangkat Android sampai versi 7.1.2 berisiko.

Disitat dari Android Authority, Jumat (26/5/2017), pada dasarnya kerentanan baru memungkinkan peretas menggunakan Android SYSTEM_ALERT_WINDOW and BIND_ACCESSIBILITY_SERVICE untuk menarik elemen interaktik melalui layar pengguna. Dengan kata lain, peretas bisa menanamkan elemen user interface (UI) berbahaya dan menyamarkannya sebagai yang sah di dalam layar utama perangkat atau software apa pun.

Seperti yang digambarkan oleh para periset, "Serangan ini memungkinkan software jahat sepenuhnya mengendalikan feed back UI dan mengambil alih perangkat tanpa memberi kesempatan kepada pengguna untuk memerhatikan aktivitas bahaya tersebut.

Serangan yang mungkin terjadi mencakup pengarsipan lanjutan, perekaman keystroke yang tak dibatasi, phishing tersembunyi, instalasi diam dari software mode God, dan silent phone unlocking + arbitrary actions.

Awas, Eksploitasi Android Baru Bisa Ambil Alih Perangkat Anda

Comments

loading...