Australia Tak Cemas Kapal Mata-mata China Mondar-mandir Queensland

Internasional

News / Internasional

Australia Tak Cemas Kapal Mata-mata China Mondar-mandir Queensland

Australia Tak Cemas Kapal Mata-mata China Mondar-mandir Queensland

KEPONEWS.COM - Australia Tak Cemas Kapal Mata-mata China Mondar-mandir Queensland Menteri Luar Negeri Australia Senator Marise Payne menegaskan pihaknya tidak mengkhawatirkan adanya kapal mata-mata China yang dilaporkan tiba di Zona Ekonomi Langsung (ZEE) di dekat Queensland, Jumat...

Menteri Luar Negeri Australia Senator Marise Payne menegaskan pihaknya tidak mengkhawatirkan adanya kapal mata-mata China yang dilaporkan tiba di Zona Ekonomi Langsung (ZEE) di dekat Queensland, Jumat (12/7/2019).

Kapal China tersebut, menurut sumber ABC di kalangan militer, berada di sana untuk memonitor latihan perang yang bakal digelar Australia bersama AS dan Jepang, Talisman Sabre.

Menlu Payne menyatakan, kapal itu beroperasi di perairan internasional menurut aturan hukum internasional dan menjalankan hak kebebasan navigasi.

"Itu bukan yang pertama suatu negara berkepentingan mengirimkan kapal ke lokasi seperti itu di luar area kegiatan Talisman Sabre, sepanjang mematuhi ketentuan hukum internasional sehingga mereka yang ambil bagian dalam Talisman Sabre bisa mengatur kegiatannya dengan baik," jelasnya.

Sebelumnya, ABC melaporkan kapal China itu telah dipantau secara dekat oleh Angkatan Bersenjata Australia (ADF), semenjak bergerak ke arah Australia pekan lalu.

Sumber ABC memaparkan posisi kapal telah mencapai ZEE Australia di perairan Coral Sea, namun tetap di luar wilayah teritorial negara ini.

Kapal mata-mata itu, kata sumber ABC, merupakan kapal Tianwangxing, yang kalau diterjemahkan berarti "Uranus".

The type 815G electronic surveillance ship.High-tech Chinese spy ship makes its way towards Australia

Space to play or pause, M to mute, left and right arrows to seek, up and down arrows for volume. High-tech Chinese spy ship makes its way towards Australia ( ABC News )

Kapal ini merupakan bagian dari Armada Laut Timur Tentara Pembebasan Rakyat China yang berpangkalan di Propinsi Zhejiang, dan dibuat akhir tahun 2010.

Di atas kapal bertipe Dongdiao AGI 853 ini terdapat sejumlah wahana berbentuk bola, yang menutupi piringan antena penangkap dan pengganggu sinyal radio.

Kalangan pakar pertahanan memaparkan antena yang sangat kuat tersebut bisa menyerap data intelijen berharga dalam jumlah besar ke mana pun kapal berlayar.

Sekitar 25.000 personel militer khususnya dari Amerika Serikat dan Australia akan terlibat latihan perang tahun ini, yang difokuskan pada pertempuran "high-end" tingkat menengah.

Ilustrasi polisi China

Empat Warga Inggris Diciduk Polisi China, Langsung Ditahan

Tidak ada perbedaan antara mereka yahg tidak bisa berbahasa Inggris dan yang bisa di kalangan warga Muslim untuk mendapatkan pekerjaan.

Walau Kuasai Bahasa Inggris, Warga Muslim di Australia Sulit Dapat Pekerjaan

Masker oksigen yang sudah jatuh dari tempatnya dalam pesawat Air Canada.

Air Canada Mendarat Darurat di Honolulu, 9 Penumpang Jadi Korban

Sumber-sumber ABC menyebutkan China tertarik untuk mengetahui bagaimana Satuan Bela Diri Maritimnya beroperasi dengan ADF dan Amerika Serikat.

A joint exercise between the US Navy and Australian military known as Talisman Sabre will take part in Queensland and the Northern Territory this montA joint exercise between the US Navy and Australian...

Space to play or pause, M to mute, left and right arrows to seek, up and down arrows for volume. A joint exercise between the US Navy and Australian military to take part in Queensland and the Northern Territory ( ABC News )

"Talisman Saber tahun ini melibatkan Brigade Gerak Cepat Amfibi Jepang yang dibentuk tahun lalu sebagai opsi tanggapan atas potensi serbuan China di Kepulauan Senkaku," kata seorang pejabat militer kepada ABC.

"Kemampuan dan interoperabilitas mereka dengan Australia dan Amerika Serikat akan menarik bagi Beijing," jelas sumber yang tak mau disebutkan namanya.

Sementara itu Panglima Operasi Gabungan ADF Letjen Greg Bilton tidak bersedia memaparkan bagaimana ADF akan menanggapi kehadiran kapal mata-mata China.

"Saya tidak akan membahas rincian operasional, tapi yang pasti kami akan mengambil tindakan yang tepat sehubungan dengan kapal itu," tegasnya.

"Itu kapal yang mengumpulkan berita, jadi itu bukan ancaman besar tapi kami akan mengambil tindakan yang tepat," tambah Letjen Bilton.

Baru bulan lalu tiga kapal perang China secara mengejutkan memasuki Sydney Harbour untuk kunjungan yang tak diumumkan sebelumnya.

Pada bulan Mei, ABC melaporkan bahwa kapal Angkatan Laut Australia telah dibuntuti oleh militer Tiongkok selama transit di Laut China Selatan.

Pilot-pilot pesawat AL Australia juga menjadi sasaran serangan laser di perairan yang disengketakan, diyakini dilakukan dari kapal-kapal milisi China di sana.

Simak isu lainnya dari ABC Indonesia.

Comments