Atasi Dampak COVID-19, Ini Langkah Strategis Kemenparekraf bagi Pelaku Parekraf

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Atasi Dampak COVID-19, Ini Langkah Strategis Kemenparekraf bagi Pelaku Parekraf

Atasi Dampak COVID-19, Ini Langkah Strategis Kemenparekraf bagi Pelaku Parekraf

KEPONEWS.COM - Atasi Dampak COVID-19, Ini Langkah Strategis Kemenparekraf bagi Pelaku Parekraf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan beberapa langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID-19 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. Menteri Pariwis...

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan beberapa langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID-19 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio saat melakukan diskusi virtual dengan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) dari Jakarta, Selasa 7 April 2020, memaparkan pihaknya menyiapkan tiga tahapan untuk merespon dampak COVID-19 yaitu tanggap darurat, pemulihan (recovery), dan normalisasi.

Di tahap tanggap darurat ini kami memberikan support kepada tenaga kesehatan untuk menyiapkan akomodasi, makanan, hingga transportasi. Karena tenaga kesehatan saat ini menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus COVID-19 agar tidak meluas. Untuk itu kita perlu support yang luar biasa juga dari banyak sekali pihak," ujarnya dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (8/4/2020).

Menparekraf Wishnutama

Wishnutama juga memaparkan, pada tahap kedua yaitu pemulihan, pihaknya akan melakukan identifikasi dan berkoordinasi dengan K/L lain untuk mengindentifikasi dampak secara detail karena wabah COVID-19.

Selanjutnya memberi dukungan kepada para pelaku parekraf dari sisi ketenagakerjaan, utilitas, keringanan retribusi, relaksasi pinjaman, pemanfaatan kartu pra kerja, hingga pelatihan online untuk SDM.

Terakhir, lanjut Menparekraf merupakan tahap normalisasi adalah melakukan promosi kembali baik di dalam maupun luar negeri, hingga menyiapkan insentif untuk industri pariwisata sekaligus pelaku ekonomi kreatif.

Selanjutnya

Comments