Astronom Buktikan Kebenaran Einstein, soal Apa?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Astronom Buktikan Kebenaran Einstein, soal Apa?

Astronom Buktikan Kebenaran Einstein, soal Apa?

KEPONEWS.COM - Astronom Buktikan Kebenaran Einstein, soal Apa? CALIFORNIA - Dalam sebuah studi baru yang dipublikasi di Science, para peneliti mencapai sebuah kejadian langka sekaligus membuktikan bahwa Albert Einstein benar dan salah.Para ilmuwan bisa mengonfirm...

CALIFORNIA - Dalam sebuah studi baru yang dipublikasi di Science, para peneliti mencapai sebuah kejadian langka sekaligus membuktikan bahwa Albert Einstein benar dan salah.

Para ilmuwan bisa mengonfirmasi salah satu teori Einstein, sesuatu yang bahkan ia yakin tak akan mungkin dilakukan. Penelitian berpusat di sekitar efek yang disebut gravitasi microlensing.

BERITA REKOMENDASI

Dilansir Slash Gear, Kamis (8/6/2017), idenya merupakan benda supermasif, seperti bintang, bisa menekuk cahaya yang melewatinya. Gravitasi benda itu sebenarnya bekerja sebagai semacam lensa, membengkokkan arah cahaya yang lewat.

Einstein meramalkan hal itu dalam teori wacana relativitas umum. Namun karena mengamati efek itu memerlukan seperangkat parameter yang sangat spesifik untuk dipersiapkan dengan tepat, ia pikir itu tak akan pernah bisa diamati secara langsung.

Para peneliti menggunakan NASA's Hubble Space Telescope untuk melihat bintang kurcaci putih masuk ke depan bintang lain yang jauh. Ketika itu terjadi, kurcaci putih tampaknya mendorong bintang yang lain keluar dari jalannya. Meski begitu, itu tak benar melakukannya.

Gravitasi kurcaci putih itu hanya menyinari cahaya dari background bintang, membuatnya terlihat seperti cahaya yang terlepas. Ini pertama kalinya efek tersebut terlihat dari bintang-bintang selain Matahari.

Teknik baru ini juga memungkinkan para astronom mengukur massa bintang yang melakukan warping. Intensitas cahaya-defleksi bisa membantu ilmuwan menentukan massa benda dan gravitasi. Dalam studi tersebut, mereka bisa mendapatkan massa kurcaci putih berdasarkan efek ini, yang sebelumnya tak bisa mereka lakukan dengan sukses.

Astronom Buktikan Kebenaran Einstein, soal Apa?

Comments

loading...