Asal Usul Nama Malioboro, dari Bahasa Inggris atau Merek Rokok?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Asal Usul Nama Malioboro, dari Bahasa Inggris atau Merek Rokok?

Asal Usul Nama Malioboro, dari Bahasa Inggris atau Merek Rokok?

KEPONEWS.COM - Asal Usul Nama Malioboro, dari Bahasa Inggris atau Merek Rokok? JALAN Malioboro menjadi ikon wisata Yogyakarta. Jalan utama ini menyimpan banyak histori yang patut diketahu traveler. Nama Malioboro sendiri kerap menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat dan...

JALAN Malioboro menjadi ikon wisata Yogyakarta. Jalan utama ini menyimpan banyak histori yang patut diketahu traveler.

Nama Malioboro sendiri kerap menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat dan muncul dalam beberapa versi. Banyak yang meyakini nama Malioboro berasal dari nama orang berkebangsaan Inggris yang datang ke Yogyakarta pada abad ke-19.

Ada juga yang meyakini bahwa Malioboro berasal dari pengaruh Hindu di Yogyakarta. Tak sedikit pula ada yang menyebut Malioboro berasal dari merek rokok Amerika, Marlboro.

4 Keseruan Menjelajahi Wisata Malioboro Yogyakarta

malioboro

(Foto: Instagram febsgaleri)

Dikutip Okezone dari KR Jogja, Tim Hannigan, seorang penulis dan jurnalis spesialis Indonesia dan anak benua India dalam bukunya berjudul Raffles dan Invasi Inggris ke Jawa menyebut tidak ada satupun sumber orang Inggris pada zaman itu yang mengatakan nama Jalan Malioboro di Yogya berasal dari nama seorang Inggris bernama Duke of Marlborough.

Malioboro lebih memungkinkan berasal dari bahasa Sanskerta Malybhara yang berarti dihiasi dengan karangan bunga yang merujuk pada para pelayan penyebar bunga saat menyambut Sultan ketika lewat di jalan tersebut.

Comments