Asal Usul Kopi Dalgona yang Lagi Hits, Ternyata dari Reality Show Korea

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Asal Usul Kopi Dalgona yang Lagi Hits, Ternyata dari Reality Show Korea

Asal Usul Kopi Dalgona yang Lagi Hits, Ternyata dari Reality Show Korea

KEPONEWS.COM - Asal Usul Kopi Dalgona yang Lagi Hits, Ternyata dari Reality Show Korea Pencinta kopi kembali dimanjakan dengan kemunculan dalgona coffee alias kopi dalgona. Kopi ini mendadak jadi tren di industri masakan dunia, berkat tampilan dan rasanya yang sangat unik. Lantas, dari...

Pencinta kopi kembali dimanjakan dengan kemunculan dalgona coffee alias kopi dalgona. Kopi ini mendadak jadi tren di industri masakan dunia, berkat tampilan dan rasanya yang sangat unik.

Lantas, dari mana asal usul kopi dalgona? Hasil penelusuran Okezone, Sabtu (4/4/2020), kopi dalgona pertama kali terlihat pada sebuah episode Pyunstorang, sebuah acara TV Korea, di mana para selebriti berlomba untuk mengembangkan resep baru yang pada akhirnya akan memasuki toko serba ada sebagai produk resmi.

Salah seorang selebriti bernama Jung II-woo, diklaim sebagai pencetus nama kopi dalgona. Sebelumnya, dia memang pernah merasakan minuman ini saat berkunjung ke Makau, beberapa waktu lalu.

Kopi Dalgona berbagai varian

Jung kemudian memberi julukan kopi tersebut dengan istilah dalgona adalah, jajanan Korea yang dibuat dengan gula dan soda kue.

Semenjak saat itulah, tren kopi dalgona mulai dikenal luas oleh masyarakat dunia. Apalagi setelah viral di sejumlah platform sosmed seperti YouTube dan TikTok. Banyak orang yang tertarik untuk membuatnya, mengingat proses pengolahan kopi ini memang terbilang praktis dan mudah.

Mengutip Hypebae, kopi dalgona bisa diolah dengan rasio 1:1:1 antara bubuk kopi instan, gula, dan air panas. Kemudian, Kamu dapat dapat memakai mixer tangan atau alat kocok seperti garpu untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut.

Nah, agar tekstur adonan menjadi lengket, berbusa dan menyuguhkan warna cokelat keemasan, Kamu harus mengocok adonan kurang lebih 400 kali.

Bila adonan sudah mencapai konsistensi yang kental, tambahkan campuran susu full cream atau alternatif lainnya. Setelah itu, beri tambahan es batu agar rasanya lebih menyegarkan. Mudah bukan?

(ful)

Comments