Asal Usul Ada Istilah quot;Desa Silumanquot;, Begini Ceritanya!

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Asal Usul Ada Istilah quot;Desa Silumanquot;, Begini Ceritanya!

Asal Usul Ada Istilah quot;Desa Silumanquot;, Begini Ceritanya!

KEPONEWS.COM - Asal Usul Ada Istilah quot;Desa Silumanquot;, Begini Ceritanya! JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memaparkan permasalahan penyaluran dana desa siluman yang sempat ramai diperbincangkan. Sebenarnya tak ada yang namanya desa siluman melainkan adanya de...
Loading...

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memaparkan permasalahan penyaluran dana desa siluman yang sempat ramai diperbincangkan. Sebenarnya tak ada yang namanya desa siluman melainkan adanya desa yang tidak memenuhi syarat adminsitrasi.

Direktur Fasilitas Keuangan dan Aset Pemerintah Desa Kemendagri Benny Irawan mengatakan, permasalahan desa siluman ini ditengarai karena masalah administrasi desa yang tak lengkap. Padahal secara fisik, desa tersebut ada dan mempunyai nama.

Kemendagri Tegaskan Tidak Ada Desa Siluman, Tapi...

"Kondisi desa itu biasanya yang belum tertib administrasinya, desanya ada, bukan fiktif," ujarnya dalam sebuah diskusi di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Benny menambahkan, dalam sejumlah kasus ada desa yang berdiri semenjak sebelum Indonesia merdeka. Desa tersebut sudah ada, namun bisa jadi belum sesuai dengan ketentuan dalam UU 6/2014.

Rupiah

"Ada ketentuan soal desa, prasyarat yang dikeluarkan untuk menetapkan desa, misalnya dari sisi jumlah penduduk, luasan, dan lain-lain. Kami dorong agar sesuai dengan UU 6/2014," jelasnya.

Padahal menurut Benny, ada perbedaan jenis desa yang ditetapkan saat sebelum dan sesudah terbitnya UU 6/2014. Misalnya ialah untuk diakui sebagai sebuah harus mempunyai luas wilayahnya, hingga jumlah penduduknya yang harus sesuai ketentuan.

Kemenkeu Akan Setop Penyaluran Dana Desa yang Administrasinya Tak lengkap

"Katakanlah, saya tidak tahu pasti (angkanya), misal minim penduduk 2 ribu jiwa, tapi karena UU memperbolehkan jadi dia dianggap jadi desa, padahal penduduknya belum mencapai itu," kata Benny.

Dalam kasus lain lanjut Benny, ada desa yang tak mempunyai kepala desa. Kondisi demikian bisa terjadi lantaran, salah satunya karena kepala desa memutuskan untuk berhenti dari posisinya dan tidak ada penggantinya.

Selanjutnya
Loading...

Comments