AS, Inggris, dan Australia Umumkan Aliansi Indo-Pasifik, Disebut untuk Lawan China

Internasional

News / Internasional

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Aliansi Indo-Pasifik, Disebut untuk Lawan China

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Aliansi Indo-Pasifik, Disebut untuk Lawan China

KEPONEWS.COM - AS, Inggris, dan Australia Umumkan Aliansi Indo-Pasifik, Disebut untuk Lawan China Presiden Joe Biden pada Rabu mengumumkan Amerika Serikat membentuk aliansi keamanan Indo-Pasifik baru dengan Inggris dan Australia yang akan memungkinkan pembagian kemampuan pertahanan yang lebih besa...

Presiden Joe Biden pada Rabu mengumumkan Amerika Serikat membentuk aliansi keamanan Indo-Pasifik baru dengan Inggris dan Australia yang akan memungkinkan pembagian kemampuan pertahanan yang lebih besar.

Inggris, Amerika Serikat, dan Australia mengumumkan pakta keamanan khusus untuk menyebarkan teknologi canggih, yang disebut untuk melawan China.

Dilansir BBC, dengan kemitraan ini, Australia berpotensi membangun kapal selam bertenaga nuklir untuk pertama kalinya.

Pakta yang disebut AUKUS itu juga akan mencakup pembagian teknologi berkaitan dengan kecerdasan buatan (AI), teknologi kuantum, dan dunia maya.

Tiga negara besar ini disebut khawatir dengan pertumbuhan kekuatan dan kehadiran militer China di Indo-Pasifik.

Namun, menurut laporan AP News, tidak satupun dari tiga pejabat negara ini menyebut China dalam sambutannya.

Gempa di Sichuan China Mengakibatkan Dua Orang Tewas dan Puluhan Luka-luka

Biden Dikecam Partai Republik Gara-gara Afghanistan, Demokrat Balik Salahkan Trump

Presiden AS Joe Biden memberikan sambutan tentang situasi di Afghanistan di Ruang Timur Gedung Putih pada 16 Agustus 2021 di Washington, DC.Presiden AS Joe Biden memberikan sambutan wacana situasi di Afghanistan di Ruang Timur Gedung Putih pada 16 Agustus 2021 di Washington, DC. (Brendan SMIALOWSKI / AFP)

Tetapi aliansi keamanan baru ini kemungkinan akan dilihat sebagai langkah provokatif oleh Beijing.

Diketahui China beberapa kali mengecam Biden ketika Presiden AS ini ingin memfokuskan kebijakan luar negerinya di Pasifik pada awal masa kepresidenan.

Sebelum pengumuman, seorang pejabat senior pemerintah berusaha mengecilkan sangkaan bahwa aliansi itu dimaksudkan untuk melawan China.

Bicara dengan syarat anonim, pejabat itu mengatakan aliansi tidak ditujukan kepada sebuah negara, melainkan sebagai upaya pertahanan di Indo-Pasifik.

Penulis: Ika Nur Cahyani

Editor: Garudea Prabawati

Comments