Aplikasi Smartphone Bisa Mengungkapkan Data Penggunanya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Aplikasi Smartphone Bisa Mengungkapkan Data Penggunanya

Aplikasi Smartphone Bisa Mengungkapkan Data Penggunanya

KEPONEWS.COM - Aplikasi Smartphone Bisa Mengungkapkan Data Penggunanya JAKARTA - Apa Anda pernah membayangkan kalau software smartphone yang dimiliki telah mengetahui diri Anda melalui data yang diberikan. Misalnya ketika mengunduh software baru di Android atau iOS, Anda...


JAKARTA - Apa Anda pernah membayangkan kalau software smartphone yang dimiliki telah mengetahui diri Anda melalui data yang diberikan. Misalnya ketika mengunduh software baru di Android atau iOS, Anda akan menginzinkan berita personal diakses.

Namun sekalinya Anda mengizinkan data untuk diakses, data tersebut akan tersebar ke software lainnya kepada para pengembang. Perusahaan bisa dengan mudah melacak di mana Anda, apa yang dilakukan, dan bagaimana Anda dengan cepat telah berpindah-pindah. Demikian seperti dinukil dari laman Daily Mail.

BERITA REKOMENDASI

Software sendiri tidak hanya mengumpulkan data, namun juga pada smartphone itu sendiri. Seperti contoh, jikalau Anda mengirimkan lokasi ke server, data tersebut pun akan terkirim ke mana-mana.

Peneliti juga coba mengungkapkan ada berapa banyak data yang berpotensi untuk dikumpulkan tanpa sepengetahuan penggunanya. Sehingga pengguna lebih bisa mengontrol data-data mereka. Untuk menjaga itu, diciptakanlah software terbaru yakni Lumen Privacy Monitor.

Software ini sendiri bersikap tranparan. Pengguna smartphone bisa melihat informasi yang dikumpulkan pada waktu yang tepat dan kepada siapa data tersebut terkirim. Terdapat 598 website internet yang telah dilacak oleh pengguna untuk tujuan iklan, termasuk di dalamnya banyak sekali sosmed. (afr)

Aplikasi Smartphone Bisa Mengungkapkan Data Penggunanya

Comments