Apakah Penderita Diabetes Bisa Sembuh?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Apakah Penderita Diabetes Bisa Sembuh?

Apakah Penderita Diabetes Bisa Sembuh?

KEPONEWS.COM - Apakah Penderita Diabetes Bisa Sembuh? RUPANYA penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit momok yang ditakuti banyak orang. Alasannya adalah diabetes bisa menimbulkan banyak sekali komplikasi. Jikalau tidak terkontrol dengan baik, maka...

RUPANYA penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit momok yang ditakuti banyak orang. Alasannya adalah diabetes bisa menimbulkan banyak sekali komplikasi.

Jikalau tidak terkontrol dengan baik, maka diabetes bisa menyerang organ tubuh lainnya hingga menyebabkan kematian bagi penderitanya.

diabetes

Lantas apakah diabetes bisa sembuh secara permanen?

Dilansir dari Medical News Today, Kamis (21/10/2021), memaparkan bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan. Alhasil diabetes bisa disimpulkan sebagai penyakit permanen.

Meski demikian, seseorang tidak perlu khawatir berlebihan. Alasannya adalah diabetes masih bisa dikontrol untuk waktu yang lama. Hingga saat ini, tidak ada obat untuk menyembuhkan diabetes.

Ketika diabetes mengalami remisi, yang artinya tubuh tidak menunjukkan tanda-tanda diabetes tanpa mengonsumsi obat walau penyakit ini secara teknis masih ada dalam tubuh. Menurut Diabetes Care, Kamis (21/10/2021) remisi diabetes dapat menunjukkan bentuk yang berbeda-beda:

1. Remisi parsial

Ketika seseorang telah mempertahankan kadar glukosa darah lebih rendah daripada orang dengan diabetes selama minimal 1 tahun tanpa perlu memakai obat diabetes.

2. Remisi lengkap

Ketika kadar glukosa darah kembali ke tingkat normal sepenuhnya di luar kisaran diabetes atau pradiabetes dan tetap di sana selama minimal satu tahun tanpa obat apa pun

3. Remisi berkepanjangan

Ketika remisi lengkap berlangsung setidaknya selama 5 tahun. Perlu diketahui, walaupun seseorang mempertahankan kadar gula darah normal selama 20 tahun, namun dokter masih akan menganggap orang tersebut diabetes. Mencapai remisi diabetes bisa sesederhana membuat perubahan pada rutinitas olahraga atau diet.

(DRM)

Comments