Apakah Long Covid Bisa Bikin Gagal Ereksi?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Apakah Long Covid Bisa Bikin Gagal Ereksi?

Apakah Long Covid Bisa Bikin Gagal Ereksi?

KEPONEWS.COM - Apakah Long Covid Bisa Bikin Gagal Ereksi? RUPANYA penyakit long Covid menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami penyintas Covid-19. Nah, gejala Long Covid ini dapat menyerang banyak sekali macam organ tubuh selain paru-paru, wa...

RUPANYA penyakit long Covid menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami penyintas Covid-19.

Nah, gejala Long Covid ini dapat menyerang banyak sekali macam organ tubuh selain paru-paru, walaupun seseorang sudah dinyatakan bebas dari Covid-19.

long covid

Bahkan ada beberapa laporan yang menyebut bahwa Long Covid, bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa ereksi. Lantas apakah hal ini hanyalah mitos atau fakta?

Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlina Burhan, membenarkan kasus tidak bisa ereksi sebagai salah satu gejala Long Covid. Karena Long Covid merupakan penyakit sistemik yang artinya menyerang seluruh sistem.

"Jadi kemungkinan bisa, tapi sifatnya sementara. Ini bisa terjadi mungkin karena ada trombosi atau sumbatan-sumbatan, kelainan di pembuluh darah dan lainnya. Tapi umumnya karena kelelahan diikuti batuk, sesak, nyeri tenggorokan," ucap dr. Erlina dalam Podcast di channel YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (21/10/2021).

Lebih lanjut, dr. Erlina mengatakan bahwa gejala Long Covid masalahnya tidak hanya di paru saja, tapi melibatkan banyak organ dan susunan saraf pusat. Gangguan kognitif ini yang membuat seseorang menjadi frustrasi. Selain itu stres juga menjadi salah satu gejala Long Covid.

"Jadi ada orang yang mengalami gangguan kognitif seperti susah tidur, susah berkonsentrasi. Biasanya kalau ingin memberikan sesuatu, berpikir dikumpulkan ingatannya jadi amnesia sesaat (banyak lupa). Semuanya gara-gara Long Covid," tuntasnya.

(DRM)

Comments