Apa yang terjadi ketika kita tertidur saat kendarai mobil swakemudi?

Internasional

News / Internasional

Apa yang terjadi ketika kita tertidur saat kendarai mobil swakemudi?

Apa yang terjadi ketika kita tertidur saat kendarai mobil swakemudi?

KEPONEWS.COM - Apa yang terjadi ketika kita tertidur saat kendarai mobil swakemudi? Banyak negara dan juga pabrikan mobil yang tengah menguji coba mobil swakemudi, mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa kontrol manusia. Di Inggris mobil swakemudi, kadang juga disebut mobil otonom, di...

Banyak negara dan juga pabrikan mobil yang tengah menguji coba mobil swakemudi, mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa kontrol manusia.

Di Inggris mobil swakemudi, kadang juga disebut mobil otonom, diperkirakan masuk ke pasar pada 2021.

Saat ini, regulator, pabrikan, badan penelitian, perguruan tinggi, lembaga konsumen dan asuransi tengah menyiapkan teknologi dan peraturan yang ditujukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan ketika mobil swakemudi benar-benar boleh digunakan di jalan.

Termasuk mengantisipasi apa yang terjadi jikalau pengemudi tiba-tiba saja tertidur.

Para pengembang mobil swakemudi mengatakan, bila itu terjadi maka mobil secara otomatis akan mengingatkan sopir untuk mengambil alih kendali.

Bila itu tidak terjadi, maka kendaraan akan melambat dan akhirnya berhenti.

Namun pihak asuransi tidak puas dan ingin ada perubahan karena bisa berhenti saja tidak cukup. Bagaimana bila mobil berhenti di tengah jalan yang ramai? Bukankah ini membuka kemungkinan tertabrak oleh kendaraan dari belakang?

Atau bagaimana kalau berhenti di jalan tol, di mana mobil-mobil biasanya melaju dalam kecepatan tinggi?

Berawal dari kekhawatiran ini, Thatcham Research, badan penelitian yang didirikan konsorsium asuransi kendaraan di Inggris, mendesak agar mobil swakemudi berhenti di pinggir jalan atau di luar jalur utama di jalan raya ketika sopir tertidur.

Tinggalkan jalan yang ramai KecelakaanBBC Pihak asuransi tidak ingin mobil swakemudi berhenti di tengah jalan ketika sopir tertidur. Mereka meminta penambahan sistem yang meningkatkan keselamatan pemakai kendaraan.

Matthew Avery, peneliti Thatcham Research, mengatakan setiap mobil swakemudi harus dilengkapi peranti yang bisa memonitor sopir apakah ia terjaga dan mengawasi kendaraan atau tidak.

Comments